Mengajak Royal Enfield Himalayan Main Lumpur


TANGERANG SELATAN (DP) – Memiliki sepeda motor dengan kemampuan ‘amfibi’ tentu menyenangkan, seperti yang ditunjukkan Royal Enfield Himalayan. Berbekal mesin 411cc dan sasis tipe half duplex split cradle, Himalayan cukup ampuh merambah medan off road dan juga jalan beraspal.

Hal itu dibuktikan dalam acara adventure touring yang dihelat di Patrac Circuit, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Minggu (21/10), itu bertajuk Himalayan Demo Day. Sesuai nama acara, Royal Enfield Himalayan disediakan bagi kalangan jurnalis untuk merasakan performa motor seharga Rp90an juta ini untuk dieksplorasi.

“Acara Himalayan Demo Day ini adalah yang kedua yang kami selenggarakan untuk memberikan kesempatan kepada pecinta roda dua, khususnya para penggemar adventurous riding untuk merasakan langsung Royal Enfield Himalayan dalam menaklukkan berbagai medan off-road,” kata Country Manager Indonesia Royal Enfield, Irvino Edwardly, di Sirkuit Patrac, Minggu.

Tak hanya kebut-kebutan di jalan becek, para peserta Himalayan Demo Day juga diberi kesempatan mengikuti pelatihan soal adventurous riding oleh tim dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC).

Baca juga:  Target Optimistis Suzuki Nex II Terjual 5.000 Unit Per Bulan

Berbekal sejumlah fitur untuk mendukung kiprah sebagai motor petualangan, seperti mesin dengan torsi tinggi yakni 32 NM pada 4000-4500 RPM, sasis tangguh, posisi duduk ergonomis dan rendah sehingga nyaman untuk perjalanan panjang, menjadikan Royal Enfield Himalayan cukup nyaman merambah medan ekstrem maupun jalanan mulus untuk menembus kemacetan.

Dapurpacu.id pun telah membuktikan kenyamanan dan merasakan performa garang Himalayan, terutama ketika melibas permukaan tanah becek. Hanya saja, kopling masih terasa berat dan suspensi depan terasa kurang mantap meredam manuver motor dengan gerakan yang ekstrem.

Namun secara keseluruhan, menunggang Himalayan membuat pengendara menjadi lebih percaya diri, karena begitu mudah dikendalikan, terutama berkat posisi tempat duduk rendah dan jok yang lumayan tebal.

Secara dimensi, Himalayan juga tak terlalu terlihat kegedean meski volume mesinnya di atas 400cc. Dengan wheelbase 1.465mm, panjang 2.190mm dan lebar 840mm, Himalayan memang cukup ideal bagi rata-rata pengendara Indonesia.[dp]