Pelayanan Penjualan Kendaraan Baru Daihatsu Memuaskan


JAKARTA (DP) – Daihatsu berada di peringkat tertinggi kepuasan penjualan kendaraan baru. Disusul Datsun berada di peringkat kedua, sementara Honda dan Suzuki bersaing ketat pada posisi ketiga. Demikian hasil Studi Indeks Kepuasan Penjualan Indonesia 2018 yang dikeluarkan JD.Power baru-baru ini.

Studi indeks kepuasan penjualan Indonesia 2018 yang dirilis pada 25 Oktober lalu, menyebutkan Daihatsu mendapatkan nilai 818 berada di atas nilai rata-rata yaitu 809. Datsun berada di peringkat kedua dengan nilai 812, dan Honda dan Suzuki bersaing ketat pada posisi ketiga dengan nilai 811.

Indonesia Sales Satisfaction Index (Mass Market) Study yang dilakukan JD Power ini merupakan sebuah analisa menyeluruh pada pengalaman membeli dan delivery kendaraan. Studi ini berdasarkan respon dari 2.665 pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraan mereka antara Agustus 2017 dan Juli 2018 dan dikumpulkan antara Februari dan September 2018.

Studi yang sudah memasuki tahun ke-18 ini menilai lima faktor kepuasan pelanggan terhadap pengalaman membeli kendaraan baru yaitu konsultan sales diler (23%); fasilitas diler (23%); menghasilkan kesepakatan (19%); proses delivery (19%); dan kelengkapan dokumen (16%).

Baca juga:  Akhirnya Fernando Alonso Naik Podium Lagi Bersama Toyota

Menurut studi tersebut, dengan berkembangnya fitur-fitur modern yang tersedia di model-model kendaraan baru, membuat pelanggan semakin mengandalkan para konsultan sales untuk memperagakan fitur-fitur tersebut saat berbelanja dan proses delivery.

“Pembeli kendaraan di Indonesia menghargai panduan yang diberikan saat transaksi pembelian, terutama terkait fitur-fitur yang baru di pasaran,” jelas Srabani Bandyopadhyay, Country Manager untuk J.D. Power Indonesia.

“Konsultan sales yang menggunakan alat digital untuk memperagakan fitur-fitur tersebut membantu pelanggan untuk terlibat lebih jauh dengan produknya dan menambah keseluruhan pengalaman penjualan.”

Studi ini juga menemukan bahwa pemegang pengaruh utama pada keputusan pelanggan untuk membeli adalah teman/keluarga (61%); pameran kendaraan (56%); display kendaraan di pusat-pusat perbelanjaan/mal (46%); panduan harga kendaraan (32%); dan rekomendasi pemilik diler/ konsultan sales diler (31%). (Dp/GTM)