Yuk Kupas ‘Jeroan’ Skutik Anyar Yamaha FreeGo


JAKARTA (DP) – Skuter matik (skutik) anyar Yamaha FreeGo memang menjadi salah satu pusat perhatian pengunjung sepanjang pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 berlangsung. Kehadirannya pun kian melengkapi jajaran produk yang ditampilkan oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di ajang tahunan industri roda dua tersebut.

Dengan tagline ‘The Amazing Matic’, skutik bermesin 125 cc ini pun digadang-gadang bakal menjadi produk pendukung kesuksesan YIMM di penghujung tahun ini.

Selaras dengan peruntukkannya, FreeGo pun ditujukan bagi pengguna dengan aktivitas yang tinggi di perkotaan, dengan tiga fokus yang menjadi pengembangannya. Meski tampilan lebih gambot, namun skutik ini diklaim tetap memberikan akses berbagai kemudahan kala dibesut di jalan.

Buat Anda yang belum melihat secara langsung sosoknya, berikut bahasan Dapurpacu.id secara lugas pada skutik yang dibanderol mulai dari harga Rp 18,5 juta OTR Jakarta ini.

1. Bagasi Besar Kalahkan NMax
FreeGo memang menawarkan kepraktisan bagi pengendaranya kala menyimpan berbagai barang bawaan. Kapasitas bagasi berukuran 25 liter menciptakan ruang yang luas untuk menaruh beragam barang, ketimbang NMax yang hanya 23 liter.

Alokasi tangki bahan bakar yang dipindahkan persis di bawah dek kaki, mampu memberikan akses lapangnya ruang tersebut. Lubang pengisian pun berpindah ke kompartemen depan bagian kiri.

Cukup memudahkan bagi Anda saat mengisi bahan bakar, dengan akses buka tutup tangki ada di lingkar kunci Smart Key System (SKS), dan tak perlu lagi membuka jok layaknya skutik konvensional.

Adanya beragam peranti di sektor itu berakibat absennya kompartemen depan. Padahal ruang ini banyak dimanfaatkan para pemilik untuk menaruh beberapa barang mungil, macam botol minuman hingga uang koin sekalipun.

Baca juga:  Harga Mencengangkan Buat Honda X-ADV

Hilang sudah sisi kepraktisan dari motor ini dibandingkan model skutik yang ada di jajaran Yamaha lainnya. Sebagai gantinya, Yamaha menyediakan power outlet untuk mengisi ulang daya baterai smartphone atau peranti elektronik lainnya.

Namun, lagi-lagi, adanya fitur ini dipastikan membuat repot karena tanpa adanya kompartemen depan, perangkat elektronik tersebut entah diletakkan dimana. Dibutuhkan aksesori tambahan untuk sekadar wadah dari smartphone tersebut. Entah dalam bentuk bracket holder atau gurita, agar power outlet bisa berfungsi optimal.

Oiya, tangki BBM FreeGo mampu menampung bahan bakar minimal RON 92 hingga 4,2 liter. Tangki dilindungi plat baja dan memiliki jarak terendah ke tanah 135 mm sama seperti NMax.

2. Tampil Proporsional Dengan Ban 12 inci Tipe Tubeless
Layaknya skutik retro merek ‘sebelah’, sektor kaki-kaki FreeGo dipasangkan velg berdiameter 12 inci, dengan ukuran ban 110/90 di depan dan 110/90 untuk belakang. Mungil namun berisi secara tampilannya.

Lubang pengisian bahan bakar ada di kompartemen bagian kiri..

Disematkannya ban berukuran ini diklaim memberikan kestabilan yang mumpuni saat bermanuver, dan terlihat kokoh kala dibesut di jalan raya perkotaan.

Ditambah dengan dimensi panjang 1.905 mm, lebar 690 mm dan tinggi 1.100 mm, plus jarak sumbu roda 1.275 mm serta jarak jok ke tanah 778 mm, sosoknya cukup terlihat proporsional.

Panjang jok hingga mencapai 895 mm pun cukup serasi dengan panjang keseluruhan bodi. Ruang kaki yang lega pada FreeGo juga semakin menambah kenyamanan saat berkendara.

Baca juga:  DAM Rangkul Kawula Muda Agar Dekat Dengan New Honda Vario

3. Fitur Modern di Kelasnya
Terkait fitur, bisa jadi Yamaha FreeGo menjadi skutik terlengkap di kelasnya. Fitur keyless (SKS) sebagai pengganti anak kunci menjadi salah satu peranti kemudahan berkendara yang dipasangkan.

Fitur diklaim lebih praktis karena untuk mengaktifkan motor, cukup simpan remote pintar bawaan di saku celana. Lalu tinggal tekan dan putar kenopnya untuk mengaktifkan seluruh kelistrikan dan mesin siap dinyalakan. Caranya, tekan tombol starter supaya mesin aktif.

Fitur yang juga dilengkapi dengan Immobilizer dan Answer Back System ini hanya tersedia pada varian S-Version dan tentunya tipe S-ABS.

Smart Key System terpasang untuk tipe FreeGo S dan S-ABS.

Ditambahkan juga dengan fitur stop & start system (SSS) untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Fitur ini akan mematikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari 5 detik, dan akan otomatis hidup saat grip gas diputar.

Tak hanya itu, FreeGo juga dibekali panel instrumen digital dan lampu depan LED sebagai fitur standar. Di dalamnya ada indikator volt meter, odo meter, trip meter, level bahan bakar dan kecepatan. Tersedia juga hazard lamp.

Sementara answer back system, berfungsi mempermudah pencarian kendaraan di lokasi parkir. Cukup tekan tombol di remote, maka FreeGo bakal menyalakan lampu dan mengeluarkan suara untuk memberitahu keberadaannya.

Paling istimewa adalah dipasangkannya fitur anti-lock braking system (ABS) untuk varian tertinggi atau FreeGo S-ABS. Dapat dikatakan, baru pada skutik ini fitur itu di sematkan khususnya dikelas skutik 125 cc.

Baca juga:  Test Ride Yamaha FreeGo, Tampilan Gambot Tetap Asyik Dibesut

Seperti pada umumnya, keunggulan dari fitu ini adalah untuk mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman mendadak. Hanya saja, ABS FreeGo cuma ada di roda depan yang sudah dilengkapi dengan cakram. Sementara roda belakang yang masih teromol, belum terhubung dengan fitur keselamatan tersebut.

4. Mesin 125 cc

Banderol FreeGo mulai dari Rp 18,5 juta OTR Jakarta.

Yamaha FreeGO mengusung mesin berkapasitas murni 124,96 cc SOHC satu silinder tanpa katup variabel (VVA) Blue Core konsep baru dengan sistem intake baru dan Smart Motor Generator (SMG) sehingga akselerasi dan starter menjadi halus.

FreeGo juga menggunakan teknologi Forged Piston & DiASil Cylinder, yang diklaim telah lama teruji 3x lebih awet, 3x lebih kuat, 3x lebih ringan yang dengan garansi 5 tahun.

Di atas kertas, mesin ini mampu melontarkan tenaga 9,38 hp dengan torsi puncak 9,5 Nm pada putaran 5.500 rpm. Kick starter tersedia hanya untuk Standar, sedangkan tipe S dan S-ABS cukup dibekali electric starter.

5. Harga dan Warna
FreeGo hadir dengan tiga tipe pilihan dan dijual dengan harga Rp 18,5 juta untuk FreeGo standard, Rp 19,7 juta untuk FreeGo S, dan Rp 22,5 untuk FreeGo S ABS. Seluruh harga dalam status on the road (OTR) Jakarta.

FreeGo punya beragam pilihan warna yang menarik. Matte Black, Metallic Red, Metallic Blue dan Metallic White untuk FreeGo standar. Untuk FreeGo S dan S-ABS tersedia dalam dua warna pilihan Matte Red dan Matte Grey. [dp/MTH]