Selamat Datang All-New Toyota Corolla!


GUANGZHOU (DP) – Akhirnya model teranyar sedan Corolla siap menyapa publik. Toyota telah resmi mengumumkan kehadiran all-new Corolla di gelaran Guangzhou Auto Show pada 17 hingga 25 November mendatang.

Sedan kompak ini akan melakukan debut bersama model Toyota Levin yang khusus untuk pasar China. Sebelum publik bisa melihat langsung kemunculan sedan Corolla, awak media akan lebih dulu menyaksikan kelahirannya pada 16 November 2018, atau sehari sebelum pameran otomotif itu resmi dibuka untuk publik.

Meski mungkin sedan Corolla 2020 yang hadir di Guangzhou ini memiliki spesifikasi untuk pasar China, tapi paling tidak ini akan menjadi gambaran akan seperti apa spesifikasi untuk pasar global. Sedangkan untuk Levin, model ini lebih seperti versi lebih tinggi dari Corolla sedan empat pintu.

Namun, hingga kini Toyota belum mengumbar informasi detail seputar Corolla dan Levin. Hanya saja, fitur yang pasti dipakai all-new Corolla Sedan adalah platform modular TNGA modular yang sudah digunakan pada Toyota Corolla Hatchback model 2019. Dengan demikian, untuk dapur pacunya kemungkinan besar akan sama antara Corolla sedan dengan model hatchback.

Baca juga:  Toyota Siap Rilis Corolla GR Sport Hatchback dan Estate Edisi Khusus

Di Amerika Serikat, Corolla Hatchback mengusung mesin bensin 2.0-liter 4 silinder bertenaga 168 hp (170 ps) pada  6.600 rpm dan torsi 155 lb-ft (210 Nm) pada 4.800 rpm. Ada dua pilihan transmisi, yakni manual 6 percepatan dengan fitur rev-matching dan all-new Dynamic-Shift CVT dengan Sport Mode dan paddle shifter.

Dengan mengadopsi platform TNGA, maka Corolla sedan terbaru ini menjanjikan ruang kabin lebih lapang dan bobot lebih ringan. Imbas lain dari penggunaan TNGA adalah, Corolla Sedan model 2020 ini akan lebih irit bahan bakar dan karakteristik pengendalian lebih mantap ketimbang pendahulunya.

Kelebihan lain dari Corolla generasi anyar ini tentu keberadaan seabrek fitur keselamatan terkini dan juga sistem infotainment terbaru Toyota.

Dari sisi desain, Corolla Sedan 2020 kemungkinan besar akan meminjam gaya desain dari model hatchback. Nah, karena Toyota belum membocorkan wujud asli Corolla Sedan, pakar rekayasa digital Kleber Silva mencoba membuat rekaan desainnya.

Baca juga:  Toyota-Geely Bakal Eksplorasi Teknologi Hybrid

All-New Corolla hasil coretan Silva ini memiliki kemiripan dengan Corolla Hatchback, terutama wajahnya. Yang sedikit berbeda dari versi hatchback hanya seperempat bagian ke belakang, yaitu untuk mengakomodasi bokong yang lebih panjang karena adanya bagasi.

Hmm…sepertinya kita sudah tidak sabar untuk melihat tampang sesungguhnya dari rival Honda Civic ini. [dp/TGH]