EMCI Dan Isuzu Elf Jadi Tumpuan Sektor Pariwisata

Microbus Isuzu Elf jadi tumpuan sektor pariwisata di Indonesia.

JAKARTA (DP) – Dapat dikatakan, Elf Mania Cinta Indonesia (EMCI) menjadi ‘kepanjangan tangan’ dari kesuksesan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) di segmen kendaraan niaga ringan di Tanah Air.

Berkat mereka lah, Isuzu Elf makin beredar luas di Indonesia untuk segala urusan bisnis para pemiliknya, entah untuk logistik, pengangkutan, hingga untuk bisnis pariwisata.

Inilah yang dilakoni sekitar 3.000an anggota EMCI sebagai pelaku armada pariwisata (microbus). Untuk itulah, EMCI yang dinakhodai Haidor Ramahtulloh, cuma mendekatkan diri dengan IAMI.

Menurutnya, menjalin kerja sama saling menguntungkan jadi salah satu fokus kepemimpinannya yang baru dirinya jalani sejak diangkat sebagai Ketua Umum EMCI periode 2018 – 2021, atas keputusan Musyawarah Nasional (Munas) kedua.

“Dengan semangat ‘seduluran selawase’, profesionalisme, kreativitas dan sosial, kami ingin menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk memajukan organisasi, khususnya dengan pihak IAMI agar nantinya dapat bermanfaat bagi anggota,” tuturnya disela-sela Jambore Nasional 1 di De Tjolomadoe, Karanganyar, Rabu (14/11) lalu.

Baca juga:  Pengusaha Kini Lebih Pilih Tractor Head

“Kami tentu ingin membangun kerja sama yang menguntungkan atau simbiosis mutualisme. Berbagi aspirasi dari anggota EMCI terkait berbagai layanan, suku cadang, bengkel berjalan hingga edukasi terkait Elf bisa diwujudkan di banyak tempat,” lanjutnya.

Para anggota EMCI saat menghadiri Jamnas EMCI perdana di Kota Karanganyar, Jawa Tengah.

Dirinya pun berharap bila itu terjadi bisa berjalan dalam jangka panjang, dan tentunya bisa saling menunjang kebutuhan para anggota EMCI yang mayoritas merupakan seorang sopir.

Lewat jamnas perdana inilah, pria yang akrab disapa Idong ini berhasil mengumpulkan tidak kurang dari 2.500 anggota EMCI dari berbagai daerah di Indonesia.

Mereka pun datang dari beragam latar belakang, mulai dari bidang transportasi, pemilik armada, pengusaha sektor pariwisata, pengusaha oleh-oleh khas daerah dan lain sebagainya.

Disisi lain, kekuatan jejaring sosial EMCI yang luas sudah barang tentu jadi kekuatan bisnis yang mampu memberikan manfaat bagi pemberdayaan anggota EMCI khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Baca juga:  SUV Tata Motors Ini Jadi Mobil Teraman di India

Atas dasar inilah, Tantri Apriani, perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi Jateng memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada EMCI, yang secara tidak langsung mampu menguatkan sektor pariwisata Indonesia.

“Apresiasi setinggi langit kami berikan kepada para angota EMCI yang telah melaksanakan even besar ini. Diharapkan even seperti ini membuat kunjungan wisata di kota ini makin meningkat,” kata Tantri di kesempatan yang sama.

Menurutnya, keberadaan minibus pariwisata seperti Isuzu Elf tersebut sangat menunjang pertumbuhan dan perkembangan pariwisata di wilayah Jawa Tengah yang hingga kini memiliki 621 destinasi wisata.

Pasalnya, lanjut Tantri, karena jika melihat di Kota Surakarta saja yang memiliki 50 tujuan wisata, tidak bisa dijangkau oleh kendaraan pariwisata berukuran besar atau sedang.

“Apalagi bila itu lokasi wisata baru yang tengah dikembangkan. Adanya minibus berukuran inilah yang akan sangat menunjang, sebab bisa membawa turis dari hotel langsung menuju destinasi wisata tersebut,” pungkas Tantri. [dp/MTH]