Resmi Lahir ke Dunia, Ini Wujud Asli All-New Toyota Corolla Sedan


GUANGZHOU (DP) – Jumat ini (16/11), dunia menjadi saksi kelahiran All-New Toyota Corolla Sedan, bukan di negerinya sendiri di Jepang, melainkan di China. Benar, Corolla Sedan model 2020 resmi debut di Guangzhou International Auto Show 2018.

Kehadiran Corolla Sedan 2020 ini bersamaan dengan saudaranya, Toyota Levin, yang khusus dipasarkan di Negeri Tirai Bambu. Kelahiran Corolla Sedan ini akan melengkapi jajaran model Corolla, yang sebelumnya sudah hadir model hatchback dan wagon. Kedua model yang disebutkan terakhir itu belum lama ini telah diluncurKan di Eropa.

Untuk new Corolla Sedan ditawarkan dalam dua pilihan berbeda, yakni varian Sporty untuk pasar Amerika Utara, China (dengan nama Levin), Jepang dan kawasan lain, sedangkan untuk China, Eropa dan beberapa negara tertentu akan mendapatkan varian lebih tinggi dengan nama tipe Prestige.

Penjualan di Amerika Serikat dan Eropa akan mulai dilakukan pada kuartal pertama 2019, dan secara bertahap Corolla model anyar ini akan dijajakan ke lebih dari 150 negara dan kawasan di seluruh dunia setelah semester kedua tahun depan.

Baca juga:  Dua Produk Suzuki Ini Terbukti Irit

Secara tampilan, Toyota Corolla Sedan 2020 agak berbeda desain moncongnya dengan versi hatchback dan wagon, terutama desain lampu utamanya. Begitu juga dengan desain bagian buritannya, terutama lampu belakang yang berbeda dengan dua saudaranya yang lahir lebih dulu itu. Tampilan Corolla Sedan baru ini juga berbeda dengan gambar rekaan yang telah beredar di dunia maya belakangan ini, terutama pada sepertiga bagian ke belakang.

Karena model ini baru diperkenalkan, maka belum banyak informasi yang dapat diketahui. Namun demikian, semua sudah tahu bahwa model sedan ini juga pasti menggunakan platform TNGA seperti pada model hatchback, sehingga tercipta kabin lebih lega dibanding model lawas, dan tentunya dengan mesin baru juga.

Untuk pasar AS, Corolla Hatchback model 2019 disebut-sebut akan menggendong mesin 2.0-liter 4 silinder bertenaga 168 hp (170 PS / 125 kW) dan torsi 155 lb-ft (210 Nm), serta tersedia dengan transmisi matik 6 percepatan atau CVT.

Baca juga:  Siaga di Tol Fungsional, Pertamina Operasikan 63 KiosK Pertamax

Di luar AS, All-New Corolla Sedan dibekali infotainment system teranyar. Model ini juga memiliki layar 8 inci, yang sudah tersemat Apple CarPlay dan Entune 3.0 Audio system, yang bisa di-upgrade dengan JBL sound system 800-watt.

Tak hanya itu, fitur keselamatan terkini Safety Sense 2.0 juga sudah dibenamkan pada Corolla anyar, yang meliputi Lane Tracing Assist, Road Sign Assist dan Pre-Collision System with Pedestrian Detection. [dp/TGH]