Awas! Main-main dengan Toyota Prius Ini, Anda Bisa Hancur


LOS ANGELES (DP) – Ini adalah pekerjaan orang ‘iseng’, melengkapi Toyota Prius dengan senjata serbu yang biasa dipakai pesawat tempur F16, F18 dan F22.

Tak main-main, pemilik Prius yang satu ini memasang M61 Vulcan, yaitu meriam rotary yang dapat menembakkan 6.600 butir amunisi kaliber 20 milimeter per menit. Yang aneh, bukan mobil pick up besar seperti Ford F-150 Raptor yang dipasangi senjata serbu ini, melainkan hanya mobil penumpang berteknologi hybrid yang lebih cocok untuk perkotaan.

Tapi perusahaan produsen kopi di Amerika, Black Rifle Coffee Company (BRCC), lebih memilih hal yang berbeda untuk ‘mobil perangnya’, yakni membekali Toyota Prius yang telah diubah sedemikian rupa untuk menampung M61 Vulcan.

BRCC butuh waktu beberapa bulan untuk membangun ‘Prius tempur’ ini, termasuk merombak kabin demi memberi tempat pada roll cage, yang bisa dipasangi berbagai macam senjata.

Meriam M61 Vulcan, yang biasa dipakai oleh pesawat tempur buatan Amerika, termasuk F16, F18, dan F22, merupakan meriam rotary yang mampu ‘membakar’ duit sekitar $180.000 (Rp2,6 miliar) per menit. Kok bisa?

Bisa saja, karena setiap butir amunisi 20mm itu dihargai $27, jadi jika ditembakkan selama satu detik saja akan membuang duit $2.970.

Selain melakukan modifikasi besar pada Prius, BRCC juga memodifikasi cara kerja M61 Vulcan. Karena Prius berteknologi listrik sebagian (hybrid), maka BRCC memastikan tembakan M61 Vulcan bisa dipicu via sumber listrik utama. BRCC juga menggunakan linkless ammunition system, yang dapat mengubah sistem hidrolik menjadi listrik.

Kalau sudah begini, jangan coba-coba cari masalah dengan Prius milik BRCC kalau bertemu di jalan. [dp/TGH]