Keriuhan Bikers Honda di Satu Dekade HBD Nasional 2018

Perhelatan HBD Nasional 2018 sukses dihadiri lebih dari 20 ribu bikers se Tanah Air.

JAKARTA (DP) – Tuntas sudah gelaran akbar gathering seluruh pemilik sepeda motor Honda dalam ‘payung’ Honda Bikers Day (HBD) Nasional 2018, yang dihelat di Lapangan Ketapang Doyong, Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (17/11) lalu.

Even ini sekaligus untuk merayakan satu dekade HBD sejak dimulai 2009 silam, dan jadi penutup seluruh rangkaian HBD regional yang telah dilaksanakan di tiga pulau sebelumnya, yaitu Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Total tercatat para bikers yang masuk ke venue puncak dari HBD 2018 mencapai 26.342 orang, sementara secara total tergapai 33.675 orang. Rinciannya, HBD regional Sumatera 2.673 orang, HBD Kalimantan 2.788 orang dan di Sulawesi 1.872 orang.

General Manager Marketing Planning and Analysisi AHM A. Indraputra mengatakan perayaan satu dekade Honda Bikers Day 2018 ini menjadi sebuah momentum bagi para bikers untuk merayakan kebersamaan mereka yang sudah berlangsung 10 tahun.

Baca juga:  Puluhan Bikers Ramaikan Desaru Bike Week

Setiap tahun, lanjut Indraputra, jumlah komunitas dan pecinta sepeda motor Honda semakin bertambah. Jumlah peserta rangkaian HBD 2018 meningkat pelaksanaan tahun lalu, yaitu 32.964 bikers yang datang dari seluruh penjuru Tanah Air.

“Honda Bikers Day telah menjadi wadah silaturahmi bikers Honda se- Tanah Air. Inilah puncak HBD 2018, sepuluh tahun kami telah bersama dalam memperkuat persaudaraan sesama bikers,” ujar Indraputra.

Berbagai aktivitas dilaksanakan seperti special performance kesenian daerah Jawa Barat, lapak bikers, festival makanan laut, dan performance dari artis daerah. Untuk mengenang perjalanan dan pelaksanaan 10 tahun Honda Bikers Day, hadir pula Museum Honda Bikers Day yang menampilkan beragam motor bikers Honda dari masa ke masa.

Sebagai penutup acara, kehadiran bikers dihibur oleh penampilan band nasional yang telah dikenal lama, Shelia On 7.

HBD pertama kali digelar di Pangandaran, Jawa Barat (2009), dilanjutkan di Kiara Payung – Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat (2010), Bromo – Pasuruan, Jawa Timur (2011), Komplek Candi Prambanan, Yogyakarta (2012), serta di Tanjung Tum – Banten (2013).

Baca juga:  Puluhan Bikers Ramaikan Desaru Bike Week

Kemudian HBD 2014 berlangsung di Pantai Pandawa – Bali, lalu Pantai Teleng, Pacitan – Jawa Timur (2015) dan Pantai Boom, Banyuwangi – Jawa timur (2016), dan tahun lalu dihelat di Landasan Udara Gading, Gunung Kidul, Yogyakarta (2017).

10 Aksi Sosial

Pada gelaran satu dekade HBD Nasional, para bikers juga melakukan aktivitas sosial dengan memberikan bantuan berupa 10 macam hal yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh penduduk Pangandaran.

Seperti rekonstruksi koral, pemberian tempat sampah, pembaharuan tanda evakuasi, perlengkapan nelayan, buku sekolah, alat ibadah, peralatan medis, alat olahraga dan helm untuk anak. Selain itu para bikers juga melakukan pembersihan area pantai.

Sebelumnya pada gelaran HBD Regional pun aksi sosial dan solidaritas juga dilakukan seperti pemberian bantuan kepada panti asuhan Yunida Rizki di daerah Bukit sangkal, Kalidoni, Palembang.

Juga dilakukan pemberian perlengkapan alat ibadah ke Masjid Babussalam yang berada di area Gunung Kelua, Samarinda, dan pemberian bantuan untuk korban bencana Palu sebesar Rp 100 juta. [dp/MTH]