Tes MotoGP Valencia: Vinales Tercepat, Ungguli Marquez

Maverick Vinales menjadi yang tercepat pada tes MotoGP Valencia.

VALENCIA (DP) – Maverick ‘Top Gun’ Vinales berhasil mengungguli juara dunia MotoGP 2018, Marc Marquez, pada tes pramusim MotoGP pertama di Sirkuit Ricardo Tomo, Valencia, Selasa (20/11) lalu. Valentino Rossi pun melengkapi tiga besar.

Sesi uji coba berlangsung mulai pukul 10:00 sampai 17:00 waktu setempat. Dalam tes yang berdurasi selama tujuh jam itu, harus terhenti lebih awal karena hujan mengguyur sirkuit.

Kendati dimulai sejak pagi, para pebalap memilih bertahan lama di dalam garasi. Selain menunggu kondisi cuaca lebih baik, kebanyakan dari mereka ingin mengenal lebih dulu motor terbaru yang bakal digeber, seperti Jorge Lorenzo atau Andrea Iannone.

Setelah menunggu lebih dari dua jam, Johann Zarco menjadi yang pertama menuju ke trek, sekaligus penampilan perdananya menunggangi KTM RC16. Awalnya, ia hanya menempuh dua lap. Sempat terjatuh, akhirnya pebalap Prancis ini memutuskan untuk masuk pit.

Baca juga:  Kata Mereka Usai Tampil Sempurna di Kontes Layanan Honda

Berselang satu jam kemudian, Zarco beraksi kembali di lintasan. Kali ini ia melahap lebih dari lima lap. Tak berapa lama, Michele Pirro dan Stefan Bradl mulai melakoni sebagai pebalap penguji untuk Ducati serta Honda pun mengikutinya.

Tak berapa lama, semua pebalap akhirnya satu-persatu mulai menjalani tes Valencia. Andrea Dovizioso bersama Marquez tampil dominan. Keduanya secara bergantian menduduki urutan teratas.

The Baby Alien, langsung mengetes dua versi tunggangan RC213V untuk 2019 secara bergantian, dan berhasil kemudian mengambil alih usai meningkatkan catatan waktu menjadi 1 menit 31,4718 detik. Namun posisinya digusur oleh Vinales.

Telah berganti nomor ‘punggung’ menjadi 12, Top Gun menorehkan waktu 1 menit 31,416 detik, atau lebih cepat 0,302 detik. Apiknya, performa Vinales turut disamai Rossi. The Doctor membawa Yamaha masuk tiga besar, sekaligus di depan Dovizioso.

Slot kelima dihuni Bradl, diikuti Morbidelli yang tampil impresif. Pebalap yang kini memperkuat Yamaha Petronas SRT, menutup tes pada posisi keenam. Di belakangnya ada Aleix Espargaro dan Danilo Petrucci, yang musim depan mendampingi Dovizioso.

Baca juga:  Kini, Beli Suku Cadang Suzuki Semakin Mudah

Pol Espargaro mengantarkan KTM pada tempat kesembilan, dilanjutkan Pirro yang melengkapi 10 besar. Ia sempat terjatuh, tapi beruntung tak cedera serius.

Penampilan perdana Lorenzo di atas RC213V menutup sesi tes di hari pertama pada posisi ke-18, atau lebih lambat 1,5 detik. Sementara pembalap baru Aprilia, Andrea Iannone, satu tingkat di bawahnya.

Dari empat rookie, Francesco Bagnaia (Pramac Racing) keluar sebagai yang terbaik, yakni posisi ke-11. Joan Mir (Suzuki) menempati urutan ke-15, sebaliknya Fabio Quartararo (Yamaha Petronas SRT) serta Miguel Oliveira (KTM Tech 3) terlempar dari 10 besar.

Selain pebalap tes Pirro dan Bradl, ada pula Jonas Folger yang menjalani pengujian untuk tim tes Eropa Yamaha. Sedangkan Bradley debut mengendarai Aprilia. [dp/MTH]

Hasil Tes Pramusim MotoGP Valencia
1. Maverick Vinales 1.31,416 detik
2. Marc Marquez
3. Valentino Rossi
4. Andrea Dovizioso
5. Stefan Bradl
6. Franco Morbidelli
7. Aleix Espargaro
8. Danilo Petrucci
9. Pol Espargaro
10. Michele Pirro
11. Francesco Bagnaia
12. Alex Rins
13. Takaaki Nakagami
14. Jack Miller
15. Joan Mir
16. Tito Rabat
17. Johann Zarco
18. Jorge Lorenzo
19. Andrea Iannone
20. Karel Abraham
21. Bradley Smith
22. Jonas Folger
23. Fabio Quartararo
24. Hafizh Syahrin
25. Miguel Oliveira