Volvo Bakal Tampil di LA Auto Show, Tapi Tak Pajang Mobil. Kok Bisa?


LOS ANGELES (DP) – Baru-baru ini Volvo merilis gambar teaser yang membuat banyak orang bertanya-tanya. Tapi itu belum seberapa, karena setelah itu Volvo mengumumkan akan tampil di ajang LA Auto Show pada 30 November hingga 9 Desember 2018 tanpa memajang satu pun kendaraan. Aneh bukan?

Sebagai gantinya, Volvo akan memamerkan patung yang secara terang-terangan diklaim bukanlah sebuah mobil. Apa maksud dari semua yang dilakukan pabrikan mobil asal Swedia itu?

Volvo menegaskan bahwa pada intinya, mereka bukanlah lupa membuat mobil konsep. Sebaliknya, pabrikan yang dimiliki Geely itu akan memanfaatkan LA Auto Show untuk berbicara tentang masa depan industri otomotif secara keseluruhan, dan bukan tentang mobil konsep itu dibuat untuk apa?

“Industri yang kami geluti sekarang telah berubah. Ketimbang hanya membangun dan menjual mobil, kami akan benar-benar memberikan kekebasan kepada konsumen kami untuk bergerak secara personal, berkelanjutan dan aman,” kata Håkan Samuelsson, chief executive Volvo Cars.

Baca juga:  Lihat Ini, Konsep Interior Menarik Mobil Otonom Toyota

“Kami menawarkan akses terhadap sebuah mobil, termasuk layanan baru yang menarik dan diinginkan mereka di mana saja.”

Tetapi itu bukan hanya soal seni surealis, tetapi juga sebagai gambaran tentang Futurisme Swedia. Bersama dengan patung “This is not a car” itu, Volvo juga akan melakukan beberapa demonstrasi layanan yang dinilai merek legendaris itu akan ditawarkan pada mobil dalam waktu dekat.

Tak hanya itu, para pengunjung booth Volvo juga akan disuguhi demonstrasi interaktif tentang layanan konektivitas, in-car delivers, car sharing, dan banyak lagi yang lainnya.

Volvo juga akan meyakinkan publik mengenai apa yang telah mereka miliki setelah bermitra dengan sejumlah perusahaan teknologi ternama, seperti Amazon, Google, Nvidia, Luminar dan Zenuity.

Mårten Levenstam, yang bertanggungjawab atas strategi produk di Volvo Cars, mengatakan pihaknya ingin menunjukkan tentang masa depan automobilitas. Jadi, ketimbang memboyong mobil konsep, lebih baik berbicara soal konsep dari sebuah mobil.

Baca juga:  'Bendera Baru', Scrambler Ducati Anyar Meluncur

Pada LA Auto Show tahun ini, Volvo juga akan memamerkan teknologi otonom yang disematkan pada konsep 360c, meski unit mobil konsepnya sendiri tak bakal dipajang. [dp/TGH]