Hebat! Vending Machine Kini Bisa Jalan Sendiri Layani Pembeli


LOS ANGELES (DP) – Era mobil otonom sebentar lagi akan tiba, dan untuk urusan mobilitas manusia dalam waktu tak lama lagi sepertinya sebagian akan dilayani oleh mesin tanpa melibatkan pengemudi. Namun, belum juga mobil otonom menggelinding ke jalan raya secara resmi, kini muncul mesin jual otomatis atau biasa disebut vending machine yang bisa berjalan sendiri alias otonom.

Biasanya, vending machine atau mesin jual otomatis ditempatkan di area publik untuk menjajakan aneka makanan atau minuman, dan konsumen yang berminat cukup memasukkan uang sesuai harga produk.

Ada juga yang tidak membutuhkan uang, melainkan dengan memindai QR code yang ada di dinding vending machine untuk melakukan pembayaran, dengan syarat konsumen sudah memiliki aplikasi khusus pada smartphone mereka dan memiliki deposit uang yang cukup pada e-money.

Tapi kini ada cara baru yang lebih canggih dalam menjajakan produk menggunakan vending machine, di mana mesin jual itu bisa berjalan sendiri alias otonom. Mesin jenis ini sangat cocok bagi mereka yang malas untuk keluar rumah atau kantor untuk membeli makanan, minuman atau barang kebutuhan lain. Mereka cukup memesan melalui smartphone yang sudah memiliki aplikasi yang sesuai, dan barang yang mereka butuhkan akan datang ke rumah atau kantor.

Baca juga:  Gaikindo Dukung Penuh Pengembangan Kendaraan Listrik

Adalah PerceptIn, sebuah perusahaan asal China yang menggarap mesin jual otonom tersebut. Mesin yang diberi nama DragonFly Intelligent Advertising Vehicle itu akan menjadi pilot project yang akan diluncurkan di Amerika Serikat pada awal 2019.

Mesin jual pintar yang dihargai sekitar $40.000 (Rp579 jutaan) itu dirancang untuk beroperasi dalam kecepatan rendah dan area operasinya dipusatkan di kawasan tertentu, seperti convention center, kompleks perkantoran, kampus, taman hiburan dan mall.

Untuk memesan barang yang dijual DragonFly, konsumen bisa memanfaatkan aplikasi pada smartphone atau bisa menghentikannya ketika bertemu mesin itu saat melintas. Mesin tersebut juga dapat mengambil data mengenai pola kebiasaan konsumen dengan produk-produk yang dijajakan dengan menggunakan komputer canggih dan teknologi robotik.

Menurut PerceptIn, sebuah DragonFly bisa menarik perhatian lebih dari 1.000 viewer (orang yang melihat) dalam 15 menit pengujian di area komersial. Mereka juga mengklaim sekitar 58 persen dari viewer itu menghabiskan waktu lebih dari lima menit untuk melihat-lihat mesin yang ampuh untuk beriklan produk tersebut.

Baca juga:  Toyota Paling Handal, Tapi Perawatan Mazda Paling Murah

“Kami merancang DragonFly Intelligent Advertising Vehicle sebagai cara untuk mengusung intelegensia ke area iklan dan retail yang belum dilirik pihak lain,” kata Chairman PerceptIn, Shaoshan Liu, dalam keterangan tertulisnya. [dp/TGH]