Pertamina dan Jasa Marga Bakal Perbanyak SPBU di Rest Area

Ketersediaan mobil tanki di Toll Fungsional Jalur Mudik 2018.

JAKARTA (DP) – PT Pertamina (Persero) dan PT Jasa Marga (Persero) melakukan kerja sama untuk pengadaan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina pada Tempat Istirahat dan Pelayanan (TI/TIP) Jalan Tol Jasa Marga.

Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan tol, terutama kebutuhan akan Bahan Bakar Minyak (BBM) di rest area, seiring bertambahnya jalan tol baru yang beroperasi.

Poin penting dalam Perjanjian Kerja sama keduanya yaitu dalam rangka penyediaan SPBU pada TI/TIP di Jalan Tol Trans Jawa, Sumatera dan Kalimantan, yang dikelola Jasa Marga dan kelompok usahanya.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, konektivitas jalan tol memiliki peranan penting dalam upaya merangsang pertumbuhan ekonomi daerah dan ekonomi Nasional. Untuk itu, kehadiran rest area dan SPBU termasuk jaminan pasokan, sangat penting dalam rangka melayani kebutuhan BBM pengguna jalan tol.

“Diharapkan rest area yang dilengkapi dengan SPBU ini bisa segera terbangun agar masyarakat bisa lebih nyaman saat melintas di jalan tol. Tentunya dengan konsep yang menarik dan nyaman,” kata Rini, di Jakarta, Senin (26/11) lalu.

Baca juga:  Salah Isi BBM, Apa yang Harus Dilakukan?

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menegaskan, kerja sama ini merupakan langkah strategis yang sejalan dengan misi Pemerintah untuk mempercepat konektivitas darat, serta memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk membeli BBM di sepanjang ruas tol yang baru berfungsi.

“Untuk memenuhi kebutuhan BBM masyarakat, SPBU akan dibangun di seluruh Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera, yang menyediakan seluruh jenis BBM untuk transportasi darat, baik Pertamax Series, DEX series maupun Premium dan Solar,” ujar Nicke.

Pertamina dan Jasa Marga menjalin kembali kerja sama dalam rangka penyediaan SPBU baru di rest area seiring terus beroperasinya rua tol baru.

Adanya kerja sama ini, maka SPBU di TIP/TI yang dikelola PT Jasamarga Properti (PT JMP), kelompok usaha Jasa Marga, akan terjamin pasokannya oleh PT Pertamina Retail.

Jika dihitung, pada hari normal kebutuhan rata-rata BBM di SPBU TI tipe A mencapai 74 kiloliter. Sedangkan saat momentum tertentu, misal saat mudik, kebutuhannya dapat melonjak menjadi 78 kiloliter.

Target 10 SPBU Baru Pada Juli 2019

Baca juga:  Untuk Biodiesel, Indonesia Jauh Lebih Maju dari Negara Lain

Perlahan namun pasti, Jasa Marga telah mengoperasikan beberapa ruas jalan tol baru pada Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera. Bahkan, hingga akhir 2018 nanti, Jasa Marga menargetkan sepanjang 984 Km jalan tol bakal beroperasi.

“Dalam waktu dekat, Jalan Tol Solo-Ngawi Seksi Sragen-Ngawi sepanjang 51 Km pun siap dioperasikan,” jelas Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, di kesempatan yang sama.

Dengan penambahan jalan tol baru yang beroperasi, Jasa Marga telah menyiapkan PT JMP untuk mengelola TI/TIP. Salah satu poin yang menjadi fokus adalah penyediaan BBM di TI/TIP.

“Jasamarga Properti tahun ini akan membangun 25 TIP/TI di seluruh ruas tol yang dikelola Jasa Marga dan kelompok usahanya. Dimana dari 25 unit tersebut, 18 unit yang dibangun merupakan rest area tipe A, dimana keberadaan SPBU menjadi salah satu indikatornya,” tambahnya.

Hingga tahun 2019, total TIP/TI yang berada di ruas jalan tol Jasa Marga mencapai 57 unit, dan 28 unit diantaranya dikelola oleh PT JMP. Adapun TIP/TI yang dikelola PT JMP di Pulau Jawa sebanyak 22 unit dengan rincian 15 unit merupakan tipe A sedangkan 7 unit adalah tipe B.

Baca juga:  Semarak Berkah Energi Pertamina Berlangsung Seru di Semarang

Untuk di luar Pulau Jawa, PT JMP masing-masing mengelola 2 unit TIP tipe A di Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (Sumatera Utara), Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Kalimantan Timur) dan Jalan Tol Manado-Bitung (Sulawesi Utara).

Sebelumnya, kerja sama keduanya telah terbukti memperlancar arus mudik balik Lebaran dan Libur Nasional Tahun 2018. Penyediaan BBM dalam kemasan membantu pengguna jalan tol dalam melakukan isi ulang yang praktis. [dp/MTH]