Perjalanan BLITS Dijadwalkan ‘Aman’ Sampai ke Sabang

BLITS melakukan pengisian ulang baterai di PLN Rayon Palembang.

PALEMBANG (DP) – Usai singgah di Kota Bengkulu, perjalanan mobil listrik BLITS berlanjut ke kota berikutnya yaitu Jambi, hari ini, Rabu (28/11). Rombongan yang dipimpin langsung oleh Projek Leader BLITS, Yoga Uta Nugraha bertolak dari Kota Palembang, yang dilepas oleh Sekretaris Daerah Palembang.

Sebelumnya, hasil karya mahasiswa Universitas Budi Luhur dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya ini melakukan lawatan ke PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu.

Kehadiran rombongan ekspedisi ‘PLN Blits Explore Indonesia’ disambut meriah oleh karyawan PLN di sana. Bersamaan dengan itu, sesuai dengan janji PLN, rombongan langsung mere-charge ulang baterai BLITS hingga penuh.

“Tidak berbeda dengan perjalanan dari Lampung, menuju Kota Palembang, kami juga disuguhi rute jalan yang beragam dengan berbagai kondisi medan yang dilewati. Beruntung, kondisi baterai dan kelistrikan BLITS cukup mumpuni hingga sampai di sini (Palembang),” tutur Uta, saat dihubungi Dapurpacu.

“Kendala hujan yang terus mengiringi rombongan tidak menjadi masalah bagi kami. Pihak PLN sangat membantu kelancaran ekspedisi yang kami jalankan. Semoga tidak ada masalah berarti yang kami temukan hingga perjalanan ini berakhir di Surabaya,” tambah Uta.

Seperti diketahui, daya baterai BLITS mampu menjelajah hingga 150-200 km, sedangkan untuk pengisian ulang baterai sekitar 4-6 jam. Dijadwalkan BLITS bakal melakoni perjalanan sejauh 15.000 km hingga Papua.

Kasih Hanggoro, Ketua BPH Yayasan Budi Luhur Cakti.

”Ekspedisi PLN Blits Explore Indonesia sejauh ini cukup baik hingga menggapai kota keempat dalam rangkaian penjelajahannya mengelilingi Indonesia,” ucap Kasih Hanggoro selaku Ketua BPH Yayasan Budi Luhur Cakti.

“Selain itu kontur jalan yang sulit dan kendala pada BLITS, akan menjadi masukan bagi tim untuk mengevaluasi mobil listrik ini menjadi lebih baik dan sempurna,” jelas pria yang pernah mengikuti Rally Dakar ini.

Kota Jambi, Padang dan Medan menjadi lintas berikutnya dari BLITS sebelum nantinya bakal menyeberang ke Pulau Kalimantan. Perjalanan hingga menggapai ketiga kota itu diperkirakan memakan waktu sekitar tiga hari.

BLITS dibekali baterai berkapasitas 100 kWh, dan baterai ini energinya diklaim paling tinggi di pasaran. Untuk daya yang dihasilkan sekitar 350 volt, dan amperenya 200 mAh. [dp/MTH]