Ditunggangi Lady Bikers, Kecepatan Motor Ini Tembus 254 km/jam

Calya Rivas mampu menembus kecepatan 254 km/jam menggunakan Bonneville Racer.

UTAH (DP) – Salah satu pencatatan performa kendaraan adalah dengan diukur saat melaju secepat mungkin di lintasan yang ‘aman’ tanpa ada satupun gangguan. Hal ini yang dilakukan Royal Enfield pada motor kustom Bonneville Salt Flat.

Dengan ubahan terbilang cukup ekstrim, motor yang mendapat sentuhan dari S&S Cycle dan Harris Performance di Amerika Serikat itu, mampu menembus kecepatan hingga 254,4 km/jam di danau garam Bonneville Salt Flats, Amerika Serikat.

Uniknya lagi, rider yang menunggangi motor berbasiskan produk anyarnya Continental GT 650 adalah seorang wanita berkebangsaan Amerika Serikat, Calya Rivas.

Kedua ‘rumah’ modifikasi itu cukup jeli mendesain Bonneville layaknya sebuah kanvas untuk dijadikan sebagai motor beraura cafe racer berkekuatan tinggi.

Sektor dapurpacu pada motor bermesin 650 cc ini dirancang oleh S&S, dengan merombak habis seluruh ‘jeroannya’, mulai dari ubahan di rasio gigi, diameter silinder, camshaft, head silinder, ubahan injektor agar asupan bahan bakarnya sesuai kebutuhan, dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Meski Tampang & Motornya Sangar, RX King Kalimantan Sumbang Gempa NTB

Sementara Harris Performance berkontribusi dengan keahlian mereka dalam merancang sasis motor, di mana sebelumnya mereka telah membangun Gran Prix dan sasis superbike untuk pengendara motor terbaik di dunia.

Bagi mereka, rancangan sasis pada motor ‘berkebangsaan’ Inggris dan India tersebut merupakan uji coba kecepatan sasis yang pertama. Meski telah mengalami ubahan cukup signifikan, rider berusia 18 tahun butuh waktu 22 kali guna mendapatkan hasil kecepatan terbaik.

Bayangkan, kecepatan melaju 211,1 km/jam bisa didapat tanpa menggunakan Nitrous Oxide system (NOS). Sudah cukup? Ternyata tim belum puas melihat kemampuan mesin sejatinya belum sepenuhnya dikeluarkan.

Sampai akhirnya putri Chris Rivas ini mampu mengukir kecepatan sesungguhnya dari motor tersebut yaitu 254,4 km/jam, dengan rata-rata pencatatan rekor di kecepatan 251,3 km/jam (masih menunggu sertifikat FIM).

Pencapaian yang diukir Bonneville Racer telah menjadi tolak ukur baru bagi Royal Enfield. Hasil ini benar-benar menunjukkan kemampuan mesin yang telah menjalani sekelumit ‘operasi’ pada jantung utamanya. [dp/MTH]