‘Aksi Tipu-tipu’ Toyota Soal Supra di LA Auto Show


LOS ANGELES (DP) – Meski sebagian publik sudah tahu bahwa Toyota Supra akan debut di Detroit Auto Show 2019, tapi bos Toyota Amerika Serikat sempat ‘menipu’ media saat pembukaan Los Angeles Auto Show 2018, Rabu (28/11).

Dalam sambutannya pada acara pembukaan LA Auto Show itu, Vice President Toyota USA Jack Hollis mengatakan kepada tamu undangan dan media bahwa ia akan membuka selubung model baru keenam yang dipamerkan di LA Auto Show, yakni Supra. Sontak pernyataan itu memicu heboh, karena model sport ini memang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya selama sekitar dua dasawarsa terakhir.

“Mungkin ada model baru keenam yang harus kami katakan kepada Anda semua. Anda mungkin sudah lama mendengar rumor bahwa kami akan meluncurkan New Supra. Saya tahu para penggemar mobil sport di seluruh dunia telah menanti kehadirannya hampir dua dasawarsa untuk New Supra, jadi akhirnya Anda siap untuk menyaksikannya?” kata Hollis kepada khalayak yang memadati booth Toyota di LA Auto Show.

Baca juga:  14 Tahun, Ekspor Suzuki APV Sentuh 200 Ribu Unit Lebih

“Kamera siap?”, tanya Hollis sambil menunjuk layar besar di belakangnya.

Tapi bukan sosok New Supra yang ditampilkan dalam layar tersebut, melainkan hanya sebuah logo besar bertuliskan ‘Supra’.

“Ayolah! Saya belum siap untuk mempertontonkannya kepada Anda!”, tambah Hollis sambil tersenyum, yang mungkin ditimpali rasa kecewa oleh para awak media yang sudah siap mengabadikan kemunculan New Supra.

“Kami ingin Anda bersama kami di Detroit pada 14 Januari di International Auto Show. Saya ingin bersenang-senang dengan Anda, sebab kami tahu model kendaraan ini akan hadir dan kami sangat gembira dengan itu.”

Produksi New Toyota Supra akan dimulai pada semester pertama 2019 di pabrik Magna Steyr di Austria, bersama dengan New BMW Z4. Kedua model ini menggunakan arsitektur dan mesin yang sama.

New Toyota Supra akan mengusung mesin 3.0-liter straight-six dengan twin-scroll turbocharger, bertenaga sekitar 340hp. Untuk akselerasi 0-62mil per jam (100km/jam) butuh waktu di bawah 5 detik. [DP/TGH]

Baca juga:  Begini Cara Menguak Rahasia Toyota Supra 2020