E-Evolution Concept Rallies, Wujud Mobil Reli Mitsubishi Masa Depan


LOS ANGELES (DP) – Fokus Mitsubishi untuk terus merambah ranah crossover SUV diwujudkan lewat guratan desain pada konsep e-Evolution di ajang Los Angeles Auto Show. Ini menjadi penampilan perdananya di daratan Amerika Utara, setelah sebelumnya debut di Jepang dan di kawasan Eropa (Jenewa Auto Show).

Penampilannya yang ‘setali tiga uang’ dengan Eclipse (Cross) memang memunculkan decak kagum pengunjung. Meminjam nama dari sang legenda kecepatan, setidaknya sebagian, Lancer Evolution, profil sportinya dipangkas dengan desain buritan yang tinggi plus atap rendah khas crossover coupe.

Tarikan garis desain dan overhang yang tajam, dengan kaca model terbuka hingga kokpit, turut memunculkan kesan futuristik namun terlihat ‘bersih’. Desain pintu pun tidak meniru Mazda RX-8, dengan sudut bukaan hingga 90 derajat.

Sederet layar berjajar rapi di depan dashboard yang juga disematkan tepat dibelakang setir berbentuk U layaknya jet tempur, yang dipasangkan pada mobil reli. Atmosfer futuristik dituntaskan oleh jok yang dirancang tinggi di bagian punggung, serta dua panel kaca memanjang di bagian atap.

Baca juga:  Pemilik Mobil Listrik BMW Bisa 'Ngisi' di SPBU ini

Sumber tenaga dari E-Evolution Concept Rallies berasal dari motor listrik guna menggerakkan roda depannya, serta motor listrik lain untuk memutar roda belakang via electronic torque vectoring, dimana Mitsubishi menyebutnya sebagai Dual Motor Active Yaw Control, dan Super All-Wheel Control.

Meski kehadirannya didukung segudang teknologi terkini, namun Mitsubishi mengklaim E-Evolution Concept Rallies tidak akan melupakan asal muasalnya, yaitu ajang balap.

Kemunculannya di LA Convention Center tersebut sekaligus sebagai ajang pertunjukkan dari ambisi Mitsubishi sebagai pabrikan crossover dan kendaraan listrik di masa mendatang. [dp/MTH]