Mantap Nih! Semua Model Toyota Bakal Punya Varian TRD 


LOS ANGELES (DP) – Banyak orang berpikir keputusan Toyota menambahkan varian sporty berlabel TRD pada Camry dan Avalon merupakan ide aneh karena kedua model itu sangat identik dengan kendaraan premium untuk kalangan mapan.  
Tapi penilaian itu sepertinya tak dimasukkan ke dalam hati para jajaran pengambil keputusan di Toyota, utamanya di Toyota USA. Terbukti mencuat rencana dan keinginan untuk melahirkan varian TRD untuk seluruh jajaran model Toyota, tak terkecuali SUV bongsor semacam Highlander.
Bukan hal gila jika ada Prius, C-HR, Corolla, RAV4, atau Highlander yang memiliki tampilan lebih sporty dengan performa ciamik hasil racikan tim pengembangan TRD. Dan jika hal itu terwujud dalam waktu dekat, jangan harap model-model berlabel TRD itu hanya mengalami penambahan aksesoris, karena divisi tuning Toyota itu juga bakal meramu model-model tersebut dengan performa lebih galak.
“Saya suka brand TRD, saya suka apa yang dilakukan Toyota Racing Development, dan saya suka belajar dari tim-tim motorsport kami dan menularkan itu pada model-model produksi massal lainnya,” ungkap Jack Hollis, Group Vice President dan General Manager Toyota Division di Toyota Motor North America, kepada AutoGuide.com di sela acara pembukaan L.A. Auto Show 2018 medio pekan ini.
“Dan jika kami bisa menerapkan racikan TRD pada setiap model mobil penumpang dan SUV dan pickup, saya pikir itu harus dilakukan.”
Hollis menegaskan bahwa Corolla TRD saat ini sedang dalam pengembangan, terlebih varian sedan dan hatchback dari model populer ini telah memiliki tampilan agresif serta sasis yang mumpuni.
Menurut Hollis, Corolla TRD (yang diperkenalkan di SEMA sebagai konsep, telah mendapatkan masukan sangat positif dari pengunjung), dan varian TRD untuk Corolla Sedan model terbaru bukan lagi sebatas rencana, tetapi sudah dalam pengembangan.
Tak cuma akan menerapkan strategi TRD pada seluruh model, Toyota juga tengah mempertimbangkan untuk menambahkan fitur all-wheel drive pada semua jajaran model Toyota yang ada. Meski Hollis menyebut C-HR belum akan dilengkapi AWD dalam waktu dekat, tapi ia menegaskan akan menyematkan fitur tersebut pada seluruh model yang dipasarkan Toyota di Amerika Serikat.
Camry sepertinya akan menjadi calon terkuat mendapatkan AWD. Apalagi rivalnya, Nissan Altima, juga sudah dibekali AWD. Langkah serupa juga akan diterapkan pada Avalon dan Corolla sebagai kandidat terkuat berikutnya.
Selaras dengan pernyataan Hollis tersebut, Toyota di ajang L.A. Auto Show kali ini telah meluncurkan Prius yang dibekali sistem AWD, yang menggunakan motor listrik untuk menggerakkan roda belakang.
Mendengar apa yang dikatakan Hollis, mungkin akan banyak konsumen di Tanah Air yang berharap hal yang sama untuk model-model kendaraan yang dipasarkan di Tanah Air, tentunya bukan hanya sebatas penempatan logo dan stiker TRD, tapi juga mendongkrak performa. [dp/TGH]
Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat All-new Toyota Corolla Altis