Tes MotoGP Jerez: Petrucci Tercepat. Rossi Didera Masalah Teknis

Danilo Petrucci tampil menjadi yang tercepat di hari pertama tes pramusim 2019 di Sirkuit Jerez.

JEREZ (DP) – Persaingan MotoGP musim depan nampaknya bakal semakin seru. Pebalap ‘pindahan’ mulai unjuk performa di atas tunggangan barunya guna memetik hasil positif pada tes pramusim.

Danilo Petrucci misalnya, tampil menjadi yang tercepat pada tes pramusim 2019 kedua di Circuito de Jerez, Italia, Rabu (28/11) lalu. Nampaknya ‘aura’ Desmosedici GP19 sudah melekat pada tubuhnya, sehingga ia mampu mencatatkan waktu 1 menit 37,968 detik.

Seperti para pengujian sebelumnya di Circuit Ricardo Tormo, Valencia pekan lalu, sesi uji coba berlangsung selama dua hari, dengan masing-masing berdurasi delapan jam.

Kendati pit lane dibuka pukul 09:30 pagi waktu setempat (15:30 WIB), para pebalap tak langsung bergegas menuju trek. Bahkan dalam dua jam pertama, sama sekali tidak ada aksi di lintasan balap. Barulah setelah itu Joan Mir menjajal GSX-RR.

Menguntit dibelakangnya rekan setim Alex Rins, serta Jorge Lorenzo, Jack Miller dan pebalap tes Suzuki, Sylvain Guintoli. Berselang 13 menit kemudian, Petrux menduduki urutan teratas, di depan Andrea Dovizioso. Sedangkan juara dunia Marc Marquez ketiga.

Baca juga:  Jorge Lorenzo Pensiun dari MotoGP, Apa Komentar Marquez dan Rossi?

Cukup lama Petrux memimpin. Kejutan datang dari Lorenzo. Pebalap anyar Repsol Honda itu merangsek terdepan, memaksa Petrux mengisi posisi di urutan kedua. Itu pun tidak berlangsung, DesmoDovi naik ke puncak, sebelum kemudian diambil alih oleh The Baby Alien.

Memasuki satu jam tujuh menit terakhir, giliran Maverick Vinales yang tampil terkencang. Namun lagi-lagi terjadi perubahan. Petrux menembus di bawah 1 menit 38 detik, tepatnya 1 menit 37,968 detik pada satu jam tersisa. Selang tiga menit, Takaaki Nakagami masuk tiga besar.

Tes Jerez hari pertama akhirnya dikuasai Petrucci. Catatan waktunya tak dapat dipatahkan, termasuk Dovizioso yang sempat terjatuh di Tikungan 5 pada 20 menit terakhir. Nakagami mengamankan posisi ketiga untuk LCR Honda, mengalahkan duo Spaniard: Vinales-Marquez.

Franco Morbidelli melanjutkan performa impresifnya. Ia berhasil menghuni urutan keenam. Di belakangnya ada Lorenzo, Miller dan Alvaro Bautista – menggantikan Michele Pirro. Mir keluar sebagai rookie terbaik. Ia melengkapi 10 besar, walau sempat tersungkur di Tikungan 7.

Baca juga:  Jorge Lorenzo Pensiun dari MotoGP, Apa Komentar Marquez dan Rossi?

Juara dunia Moto2 2018, Francesco Baganaia, menempati slot ke-14 atau satu tingkat di atas Fabio Quartararo, dengan Miguel Oliveira pada urutan ke-23. Sementara Valentino Rossi harus puas di posisi 17. The Doctor didera masalah teknis saat pertengahan sesi, memaksanya tak maksimal menjalani uji coba.

Duo pabrikan KTM menghadapi pengujian sulit. Pol Espargaro hanya mampu mengisi slot ke-16, sedangkan rekan setim anyarnya, Johann Zarco berada tiga tingkat di bawahnya. Pebalap Prancis itu bahkan lebih lambat 2,2 detik. [dp/MTH]