Kawasan Bekasi Masih Menjadi ‘Ladang’ Bisnis Otomotif

HD Car Care Indonesia meresmikan lagi outlet terbarunya di kawasan Bekasi.

JAKARTA (DP) – Langkah masif HD Car Care untuk terus memperluas jaringannya di Indonesia makin digiatkan. Arah bidikan pun makin dikuatkan di kawasan perumahan elit lewat ‘tangan’ mitranya, atau lazim disebut franchise.

Hal itu dibuktikan dengan dibukanya HD Car Care cabang Bekasi beberapa waktu lalu. Dibukanya outlet yang kesekian kalinya tersebut diyakini CEO High Definition Car Care Indonesia (HDCCI), Yaska Wu, bakal menjadi besar, mengingat saat ini kian menjamurnya salon-salon mobil di wilayah itu.

“Bagaimanapun, area Bekasi masih terbuka luas bagi pebisnis manapun, termasuk untuk HD Car Care Indonesia. Banyaknya perumahan yang tergolong elit cukup membuka peluang bagi kami,” ujar Yaska, dalam siaran resminya, Kamis (6/12).

Sejak outlet yang berlokasi kawasan Summarecon Bekasi ini dibuka, Yaska mengklaim sudah menerima 50 mobil per bulan. Menurutnya, kondisi itu terjadi selama dua bulan periode soft launching.

Padahal, lanjut Yaska, kapasitas per bulan outlet tersebut mampu menampung hingga 90 mobil per bulan. Dari 50 unit itu juga tidak terlepas dari layanan kunjungan ke lokasi.

Baca juga:  Jasa Marga Mulai Lakukan Perbaikan Periodik Jalan Tol Japek

“Hal ini mengingat ada juga beberapa konsumen yang merasa lebih nyaman untuk pengerjaan perawatan mobilnya bila dilakukan di rumah. Itu tidak jadi masalah buat kami, justru pelayanan yang kami berikan tidak berbeda jika datang ke outlet,” tambahnya.

Terkait franchise, Yaska mengaku kurang tepat bila dinamakan itu. Dia lebih suka bila dikatakan sebagai jalinan kerja sama, sebab mulai dari pemilihan lokasi, SDM, produk chemical sampai ke promosi dikerjakan sama-sama.

Ini dikarenakan pihaknya tidak menerapkan biaya branding merek kepada siapa saja yang minat bekerja sama.

“Tidak ada istilah lepas tangan, semua ikut terjun. Bahkan jika ada mitra yang memutuskan untuk mengakhiri kita bisa bargain untuk ambil alih. Sangat kekeluargaan pokoknya, tapi tetap pada koridor awal akad kerja sama ya,” beber Yaska.

“Karena resmi, jadi sistim kita stabil, tidak ada istilah produk kosong. Bahkan sistim jaringan pun tim kita yang desain, kita lebih suka dengan bisnis long term, biarkan hasil yang bicara.”

Baca juga:  Xpander AP4 Concept Munculkan Kembali DNA Rally Mitsubishi

Sejatinya, langkah yang ditempuh Yaska sudah diterapkan ke semua jaringannya. Salah satunya pada outlet yang juga berada di perumahan elit di Kalideres, Citra Garden tepatnya.

“Sebetulnya semua jadi satu kesatuan, mulai dari produk yang bagus, sistim jaringan sampai SDM yang teredukasi. Itu sebabnya saya berani bermitra dengan HDCCI,” tutur Susanti selaku pemilik gerai HD Car Care Citra Garden.

HD Car Care Cabang Bekasi melayani konsumen dalam merawat kendaraannya mulai dari pelapis nano ceramic, nitro seal, hingga total detailing.

Untuk nano ceramic dibanderol mulai dari harga Rp3-6 juta, lalu layanan nitro seal mulai dari Rp2-3 juta, dan layanan total detailing dengan harga mulai dari Rp1,25-2 juta (semua tergantung ukuran mobil).

Untuk garansi dua tahunnya, lama pengerjaan sampai maintenancenya pun cukup jelas. “Sebetulnya untuk saat ini belum ada keluhan berat, namun sudah kita persiapkan prosedur klaimnya, mulai dari kita identifikasi terlebih dahulu sampai ke tanggung jawab pengerjaan ulang proses tahapan,” kata Yaska.

Baca juga:  Daihatsu Kawal Konsumennya Berlibur Akhir Tahun

Soal lama pengerjaan paling lama 8-10 jam untuk nano ceramic coating dan detailing, tapi untuk amannya 1 hari dan pada saat selesai pengerjaan kendaraan tidak boleh terkena apa pun yang bersifat kimia selama 36 jam. Setelah itu kendaraan bebas mendapatkan perlakuan normal.

“Sedangkan untuk maintenance sendiri mengikuti jadwal pemilik kapan sempatnya. Biasanya dalam dua tahun garansi hanya diperlukan dua kali maintenance,” tutup pria yang memiliki head office di Rukan Citra Graha Blok 1M, Jalan Panjang no 26, Kedoya, Jakarta Barat. [dp/MTH]