Mercedes-Benz Rilis Dua Sasis Bus Pengembangan Baru

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia meluncurkan dua model sasis baru untuk kebutuhan armada bus.

TANGERANG (DP) – PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), distributor resmi kendaraan niaga merek Mercedes-Benz di Indonesia, resmi meluncurkan dua varian bus terbarunya, yaitu tipe OF 1623 RF dan O500RS 1836.

Hadirnya kedua model tersebut merupakan jawaban DVCI untuk memenuhi kebutuhan konsumen khususnya pengusaha armada bus, dalam melayani transportasi jarak menengah dan jauh.

Kedua tipe ini, dimana salah satunya telah ‘dibungkus’ bodi oleh karoseri ternama di Indonesia masuk dalam segmen berbeda. Untuk tipe OF 1623 masuk dalam sasis entry level, sementara model O500RS 1836 tergolong sasis premium bertenaga besar.

Markus Villinger, Presiden Direktur dan CEO DCVI mengatakan dengan pertumbuhan pesat infrastruktur transportasi darat di Indonesia, pihaknya berkomitmen untuk turut meningkatkan kualitas moda transportasi darat.

“Mercedes-Benz OF 1623 RF merupakan simbol kembalinya bus Mercedes-Benz bermesin depan di Indonesia setelah lebih dari 20 tahun, sedangkan Mercedes-Benz O500RS 1836 lebih dilengkapi dengan beberapa fitur pengereman dan suspensi canggih untuk segmen bus premium,” jelas Markus, di ICE BSD, Tangerang, Kamis (6/12).

Baca juga:  Naik Bus ini Cukup Tukar dengan Botol Plastik Bekas

Untuk menjamin pengoperasian yang lebih aman, tipe OF 1623 RF dibekali berbagai fitur keamanan eksklusif seperti full air brake system, dilengkapi dengan rem tambahan exhaust brake serta open throttle valve.

Sementara itu, penggunaan stabilizer pada bagian depan maupun belakang serta parabolic spring memberikan kenyaman maksimal bagi penumpang dan pengemudi.

Berbekal mesin OM 906 LA (Euro 3) yang telah mencatat perjalanan 1,000,000 km di Indonesia tanpa mengalami overhaul, menjadikan Mercedes-Benz OF 1623 RF sebagai bus yang handal untuk transportasi jarak menengah.

Untuk tipe O500RS 1836 versi terbaru ini merupakan pengembangan dari model O500R 1836 yang diperkenalkan beberapa tahun silam. Pengembangan transmisi MB G-210 baru menghasilkan torsi yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya, menjadikan bus ini diklaim lebih tangguh.

Dirancang khusus untuk transportasi jarak jauh dan industri pariwisata di Indonesia, Mercedes-Benz O500RS 1836 hadir dengan mesin OM 457 LA (Euro 3) yang lebih bertenaga.

Baca juga:  Astra dan FIFGroup Resmikan BMW Keempat di Jayapura

Masih ditambah lagi dengan fitur-fitur seperti cruise control, sistem pengereman disc brake, Anti-lock Breaking System (ABS) di seluruh roda dan Anti-Skid Regulation (ASR), serta retarder dan suspensi udara dengan rigid beam axle.

Peluncuran ini bekerja sama dengan dua perusahaan karoseri nasional, Laksana dan Tentrem guna merakit sasis menjadi bus utuh. Karoseri Laksana mengaplikasikan metode pengujian roll-over sesuai standar UN ECE R66 Eropa pada body Mercedes-Benz O500RS 1836.

Sedangkan untuk Karoseri Tentrem asal Malang merakit sasis OF 1623 dalam ‘baju’ Max HDD. Sebagai informasi, karoseri ini cukup konsisten menggarap segmen bodi bermesin depan dengan menampilkan model yang dinamis.

“Fokus kami memberikan produk berkualitas tinggi dengan berbagai keunggulan yang telah teruji di pasar serta layanan purnajual yang mumpuni kepada konsumen. Untuk itu kami terus memperluas jaringan diler Mercedes-Benz bus di wilayah Jawa dan Sumatera dalam beberapa tahun terakhir,” lanjut Markus.

Baca juga:  Kontes Adu Keren Modifikasi Daihatsu Hadir di Medan

Markus mengaku bahwa pengembangan model ini berdasarkan saran dan masukan dari konsumen, yang dibuktikan pada Mercedes-Benz O500RS 1836. Terkait harga, Mercedes-Benz O500RS 1836 dibanderol Rp1,293 milyar, sementara tipe OF 1623 RF dilepas dengan harga Rp649 juta, dengan status off the road.

“Kami mewujudkan kebutuhan para pelanggan untuk terus memberikan pengalaman terbaik kepada para penumpang bus Mercedes-Benz,” pungkas Markus. [dp/MTH]