Begini Tampilan Toyota HiLux di Reli Dakar 2019


CAPE TOWN (DP) – Toyota HiLux dikenal sebagai kendaraan yang memiliki kemampuan melibas segala medan, baik di jalan mulus perkotaan atau di medan ekstrem di kawasan hutan atau gurun. Berbekal kemampuan itu, HiLux didapuk sebagai kendaraan untuk tampil di kejuaraan reli ganas Dakar 2019.

Adalah Toyota Gazoo Racing South Africa yang akan membawa tiga unit HiLux untuk berlaga di reli Dakar 2019, dengan susunan pereli De Villiers/Von Zitzewitz, Al Attiyah/Baumel dan Ten Brinke/Périn.

Karena ‘pindah tugas’ sebagai mobil reli, maka Toyota Gazoo Racing melakukan berbagai ubahan radikal agar kendaraan segala medan itu mampu mengarungi medan ganas Dakar.

Salah satu ubahan paling radikal adalah penempatan mesin ke tengah dan juga penggunaan geometri suspensi baru.  Untuk mesinnya mengandalkan mesin naturally aspirated V8, yang dilengkapi dengan air intake restrictor 37mm.

“FIA telah bekerja keras untuk mencoba dan menyeimbangkan performa mobil reli bermesin turbodiesel dan naturally aspirated V8, seperti milik kami,” kata Principal Toyota Gazoo Racing SA Team, Glyn Halll, dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga:  Hino Indonesia Dukung Rencana Mobil Listrik

“Proses ini masih berlangsung dan meski banyak yang tak benar-benar senang dengan aturan baru itu, tapi kami tak punya pilihan kecuali harus mematuhinya.”

Mesin V8 masih menggunakan versi sebelumnya, demikian juga dengan girboks dan sejumlah peranti lainnya. Bedanya, untuk 2019, setelan suspensi diklaim lebih baik dan tenaga mesin juga lebih melimpah.

Setelan ini diharapkan dapat membantu HiLux melintasi kawasan pasir lembut di daerah selatan dan tengah Peru, di mana area itu sering menjadi jebakan bagi banyak kendaraan di reli Dakar.

“Reli Dakar adalah reli ganas dan jangan harap Anda akan mudah melaluinya. Tapi mobil kami sudah cukup teruji dalam dua tahun terakhir, itulah mengapa kami percaya diri untuk menuju ke Amerika Selatan,” sebut Hall. [dp/TGH]