SUV Tata Motors Ini Jadi Mobil Teraman di India | dapurpacu.id

SUV Tata Motors Ini Jadi Mobil Teraman di India

Tata Nexon menjadi mobil pertama di India yang meraih bintang lima dari Global NCAP.

JAKARTA (DP) – Kinerja Tata Motors untuk bisa melahirkan kendaraan yang aman bagi pengemudi dan seluruh penumpang akhirnya terbukti. Melalui Nexon, Tata Motors mampu membuktikan bahwa pabrikan asal India patut diperhitungkan.

SUV kompak ini menjadi mobil kompak buatan India pertama yang berhasil memperoleh rating lima bintang pada uji tabrak dari Global NCAP, melalui serangkaian uji dari depan maupun belakang.

Badan akreditasi keamanan internasional terkemuka ini memberikan penilaian tertinggi untuk penumpang dewasa (Adult Occupant Protection/AOP). Selain itu, Nexon juga dianugerahi bintang tiga pada perlindungan untuk penumpang anak (Child Occupant Protection/COP).

Mayank Pareek, Presiden-PVBU Tata Motors, mengakui saat ini konsumen di India telah menetapkan sektor keamanan sebagai pertimbangan atau parameter penting dalam memilih kendaraan sebelum membeli.

“Kami sangat senang menerima peringkat keamanan tertinggi dari Global NCAP, untuk Nexon. Hasil Global NCAP merupakan cerminan dari komitmen kami untuk menjaga keamanan sebagai prioritas pertama,” ujar Pareek.

Baca juga:  Tanggap Pandemik, Tata Motors Perpanjang Masa Garansi

Hasil ini tidak lepas dari pengembangan yang dilakukan oleh Tata Motors untuk membuat mobil menjadi lebih aman. Tata Nexon dibuat dengan struktur yang menyerap energi dengan konstruksi baja berkekuatan tinggi, secara efektif dapat menyerap energi tumbukan dan menyediakan jalur beban.

Dengan demikian kompartemen penumpang akan terlindung dari deformasi. Selain itu, Tata Nexon juga dibekali airbag dual-frontal dan sabuk pengaman dengan pra-tensioner, pembatas beban & lidah pengunci hantaman (CLT untuk penumpang di sisi pengendara).

Area kaki pengemudi juga diperkuat dengan pedal blocker untuk mencegah cedera kaki jika terjadi musibah kecelakaan. Berbagai fitur keamanan mumpuni juga dipasangkan pada Nexon.

Diantaranya ABS dengan EBD dan kontrol stabilitas sudut sebagai standar, Childlock, peringatan berbasis suara, bantuan parkir belakang, dan lampu kabut depan dengan bantuan saat menikung. Tambahan ISOFIX untuk kursi anak dan penumpang samping pengendara, serta pengingat sabuk pengaman depan sebagai fitur standar.

Baca juga:  Tanggap Pandemik, Tata Motors Perpanjang Masa Garansi

Global NCAP juga mencatat bahwa Tata berhasil mengembangkan Nexon menjadi kendaraan yang lebih aman, menyusul peningkatan rating dari hasil uji awal tahun dengan hasil bintang empat. Berkat kinerja ‘LEVEL NEX’ ini, Nexon sekali lagi menetapkan tolak ukur baru untuk keamanan di India.

Tepatnya pada Agustus 2018. Namun Tata Motors melakukan rekayasa cepat dan meningkatkan teknologi keamanan maksimal hingga mencapai peringkat bintang 5 penuh dalam waktu 3 bulan.

“Prestasi ini menjadi tonggak besar untuk keselamatan mobil di India. Selamat kepada Tata Motors atas pencapaian peringkat bintang lima India pertama untuk perlindungan penumpang dewasa,” kata Sekretaris Jenderal Global NCAP, David Ward. [dp/MTH]