Begini Kala Raksasa China dan Amerika Bikin Mobil Sport Listrik


TIONGKOK (DP) – Serbuan teknologi dan produk otomotif dari Negeri Tirai Bambu memang sangat masif di dunia. Paling teranyar, pabrikan otomotif Qiantu Motor dan Mullen Technologies yang berbasiskan di California, sepakat untuk merancang dan mengembangkan mobil sport di Amerika Serikat.

Keduanya berencana untuk membangun mobil sport masa depan bermesin listrik yang diberi nama K50. Automotive News menyebutkan keduanya berkeinginan untuk secepat mungkin melakukan homologasi guna memenuhi standarisasi di Negara Paman Sam tersebut.

Sesudah itu akan sesegera mungkin dipasarkan di Amerika Utara. Dijadwalkan peluncuran K50 dilakukan pada 2020, dan jika semuanya berjalan sesuai rencana, K50 bakal menjadi kandidat mobil sport bermesin listrik terbaik di pasar.

Terkait spesifikasi, tirai yang menutupi K50 memang masih samar-samar. Namun salah satu sumber di Mullen mengakui bahwa material aluminium dan serat karbon bakal disematkan pada K50, dan powertrain listrik yang menghasilkan tenaga 402 hp.

Baca juga:  Toyota Supra 2020 Sudah Bisa Dipesan Lho!

Sumber lain menyebutkan untuk spesifiksi di negeri asalnya, mobil ini dibekali baterai bertenaga 78 kWh yang menggerakkan dua motor listrik.

Tenaga yang terlontar mencapai 429 hp dengan torsi maksimum 680 Nm, dan mampu berakselerasi dari titik diam ke 100 km/jam kurang dari 4,6 detik, dengan kecepatan tertinggi hingga 200 km/jam. Dengan baterai terisi penuh, K50 diklaim mampu menjelajah hingga sejauh 380 km.

Selain powertrain yang mumpuni, mobil dua pintu ini dilengkapi pencahayaan yang bersumber dari LED, memiliki fitur lampu LED, jendela tanpa bingkai dan velg aluminium berdiameter 19 inci. K50 juga menawarkan panel surya kecil pada atapnya.

Di kabin, aura sporti ditonjolkan melalui jok kulit berdesain sporti yang dilengkapi penghangat, plus lingkar kemudi dengan penghangat dan sistem climate control otomatis.

Unsur hiburan diwujudkan lewat layar sentuh dengan warna aktraktif 15,6 inci plus navigasi GPS dan teknologi pengenal suara. Informasi berkendara tersaji lengkap pada instrument cluster digital berukuran 10,1 inci.

Baca juga:  New Mitsubishi Triton Jelajahi Hamparan Pasir Gunung Bromo

Asyiknya lagi, layar infotaiment ini juga disematkan konektivitas 4G dan WiFi, tombol start/stop engine, serta enam speaker dengan subwoofer.

Harga dari K50 memang belum terendus jelas kala mobil ini ingin dipasarkan di Amerika, namun banderol K50 di China dimulai dari 754.300 Yuan, setara dengan US$109.363. [dp/MTH]