Daihatsu Copen Coupe Kini Punya Atap Permanen


TOKYO (DP) – Pasar otomotif Jepang tergolong unik, karena di sana mobil-mobil imut berukuran kecil cukup diminati. Itulah mengapa hampir semua pabrikan lokal memiliki produk yang masuk dalam kategori Kei car atau mobil kecil dengan kapasitas mesin 660 cc ke bawah, salah satunya adalah Daihatsu Copen.

Dengan semakin dekatnya gelaran Tokyo Auto Salon 2019, yakni pada 11-14 Januari 2019, beberapa model kreasi anyar mulai bermunculan, seperti Daihatsu Copen Coupe yang diprediksi bakal menarik banyak perhatian pengunjung. Alasannya, setelah bertahun-tahun model ini ditawarkan dalam varian roadster, Copen kreasi baru ini kini memiliki atap permanen yang dinantikan banyak konsumen Jepang.

Prediksi bahwa Daihatsu Copen beratap permanen ini bakal diminati, itu didasarkan pada apiknya penerimaan pengunjung pada konsep Copen beratap permanen saat dipamerkan di ajang Tokyo Auto Salon 2016 silam. Saat itu Daihatsu memperkenalkan konsep Copen beratap permanen berbasiskan Copen Cerro bergaya retro klasik.

Baca juga:  Apa Sebaiknya Daihatsu Stop Penjualan Sirion?

Dari situlah kemudian Daihatsu memutuskan untuk membangun Copen beratap permanen. Tapi sayang produksinya terbatas, yaitu hanya sebanyak 200 unit.

Terinspirasi dari konsep Copen, Daihatsu Copen Coupe memiliki atap tetap CFRP (tersedia juga dengan sunroof kaca sebagai opsional) yang melandai ke belakang dengan desain mirip fastback.

Dijadwalkan masuk lini produksi dan mulai dikirimkan ke konsumen pada April 2019 bertepatan dengan ulang tahun ke-5 Copen generasi kedua, varian Copen coupe akan dibekali fitur standar mumpuni, seperti lingkar kemudi berlapis kulit Momo (model CVT juga dilengkapi paddle shifter), limited slip differential untuk menunjang manuver ekstrem dan velg aluminium BBS.

Untuk fitur opsional meliputi muffler sport dan suspensi HKS. Tak ada modifikasi pada mesin, yakni tetap mengusung mesin 660 liter 3 silinder turbocharged bertenaga 64 hp, sehingga model ini masih tetap masuk kategori Kei car.

Baca juga:  Buat Mudik Lebaran, TRAC Punya Promo 'Ayo Mudik'

Daihatsu membanderol Copen Coupe dengan harga mulai dari 2.484.000 yen ($22.250) atau kalau dirupiahkan sekitar Rp322 jutaan untuk model dengan transmisi CVT dan 2.505.600 yen ($22.450) untuk versi girboks manual. [dp/TGH]