Kemacetan Parah di Puncak, Sistem Satu Arah Diberlakukan

Kemacetan panjang terjadi di Simpang Gadog, Bogor hingga mengular sejauh 5 km. foto: NTMC

BOGOR (DP) – Kawasan wisata Puncak di Simpang Gadog, Bogor mengalami kemacetan parah memasuki libur akhir pekan serta jelang perayaan Natal, Minggu (23/12). Kemacetan yang terjadi bahkan mencapai 5 km hingga mengular ke ruas tol.

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama, seperti dilansir NTMC menjelaskan kemacetan panjang ini terjadi dari arah Jakarta menuju Puncak KM 43, jelang pintu keluar Tol Ciawi hingga KM 45 Simpang Gadog.

“Volume kendaraan sudah meningkat sejak pukul 06:00 WIB pagi tadi. Arus kendaraan dari Jakarta menuju Puncak macet menjelang keluar tol sampai Simpag Gadog,” kata Hasby.

Atas dasar kondisi itu, Hasby pun terpaksa memberlakukan sistem satu arah menuju kawasan Puncak lebih awal yakni mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB, namun hal itu bersifat situasional.

Untuk itu, Hasby mengimbau bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan menuju Cianjur dan sekitarnya agar dapat menggunakan jalur alternatif timur via Cibubur-Jonggol atau Jalur Sukabumi.

Baca juga:  Suryanation Motorland Battle 2018 Seri ke-5, Hadir di Bali
Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah. foto: NTMC

“Kepada masyarakat yang akan menuju Cianjur untuk menggunakan jalur alternatif melalui jalur Cibubur-Cileungsi-Jonggol dengan jarak 86 Km. Karena arus kendaraan di Jalur Puncak ini sangat padat,” lanjutnya.

Hasby mencatat sejak Jumat lalu hingga Sabtu pagi, jumlah kendaraan yang melintas kawasan wisata ternama di Jawa Barat ini berjumlah 65.180 unit mobil. Untuk mengantisipasinya Polres Bogor menyiagakan total 200 personel gabungan di sepanjang jalur tersebut.

Menurut Hasby, ada sejumlah simpul kepadatan di wilayah kawasan jalur Bogor, Puncak, Cianjur, di antaranya Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Mega Mendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, dan Simpang Warung Kaleng. [dp/MTH]