Arus Balik Libur Natal, Pertamax dan Dex Paling Banyak Dikonsumsi

Arus Balik Libur Natal, Konsumsi Pertamax dan Pertamina Dex Meningkat.

JAKARTA (DP) – Sesuai prediksi, arus balik libur Natal mulai memadati ruas tol menuju Jakarta pada Selasa (25/12). Pertamina pun mencatat terjadi peningkatan konsumsi BBM jenis Gasoil (bahan bakar mesin diesel) dan gasoline (bahan bakar mesin bensin).

Berdasarkan pengamatan data satgas Pertamina di hari itu, peningkatan gasoline mencapai rata-rata sekitar 10%. Adapun produk BBM yang mengalami lonjakan adalah jenis Pertamax, yang meningkat hingga 10%.

VP Corporate Communications Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan bahwa peningkatan BBM khususnya jenis Pertamax telah sesuai dengan prediksi awal.

“Konsumen memilih Pertamax karena beberapa pertimbangan, antara lain kesesuaian dengan spesifikasi mesin dan efisiensi penggunaan bahan bakar,” ujar Adiatma, dalam siaran resminya.

Selain itu, peningkatan juga terjadi pada jenis gasoil. Adiatma menjelaskan, Pertamina Dex juga meningkat konsumsinya sebesar 9%.

Konsumsi Pertamina Dex meningkat 9% selama arus balik libur Natal.

“Pertamina Dex ini bahan bakar untuk kendaraan bermotor dengan mesin diesel modern. Saat ini, banyak konsumen yang menggunakan SUV mesin diesel keluaran terbaru yang spesifikasi mesinnya membutuhkan bahan bakar diesel dengan cetana number 53 yang memiliki performa lebih tinggi,” tegasnya.

Baca juga:  Ini Alasan Pertamina Naikkan Harga BBM Non Subsidi

Pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2018 ini Pertamina memprediksi peningkatan konsumsi BBM akan terjadi pada 27, 29, dan 31 Desember 2018 dan akan kembali terjadi pada 5 Januari 2018.

Mengantisipasi hal tersebut, Pertamina telah menyiagakan seluruh sumber daya layanan retailnya dan menjaga ketersediaan stok BBM tetap dalam posisi aman. [dp/MTH]