Suzuki Wagon R Teranyar Meluncur Januari 2019

Suzuki Wagon R versi JDM.

NEW DELHI (DP) – Pabrikan mobil asal Hindustan India bakal lebih agresif lagi di 2019. Salah satunya datang dari Maruti Suzuki India Limited yang bakal merilis generasi terbaru Maruti Wagon-R pada minggu pertama Januari 2019.

Produksi dari city car generasi keempat di pasar lokal India ini dilakukan di pabrik Maruti Suzuki di Manesar, dan untuk langkah selanjutnya langsung di distribusikan ke seluruh dealer di India.

Untuk model anyar ini, Suzuki menyematkan platform HeartECT terbaru, yang juga dipasangkan pada New Swiftm DZire, Ertiga, dan Baleno. Fisiknya juga lebih panjang dan lebar dibandingkan dengan Wagon-R yang beredar saat ini.

Bisa jadi desainnya pun mengutip dari Wagon-R versi Japanese domestic market (JDM). Bicara soal desain, laman Rushlane yang pernah menangkap penampakannya di jalan mengungkapkan bahwa tampilan depan dan belakang direvisi ulang.

Bentuk kotak masih dipertahankan, namun secara keseluruhan desainnya lebih terlihat mature. Sepertinya, untuk varian teratas bakal disematkan projector headlamp dan LED DRL.

Baca juga:  Pertamina Sesuaikan Harga BBM Hari Ini

Revisi lainnya berupa gril dibalut krom dan bumper baru. Berikutnya melangkah ke belakang, disematkan teknologi LED pada lampu rem. Secara keseluruhan tampilannya kini lebih terlihat seperti SUV dalam bentuk mini.

Melirik ke dalam, atmosfer warna dual tone menyelimuti area kabinnya. Pada dasbor dipasangkan sistem infotainment layar sentuh smartplay dengan Apple Carplay dan Android Auto.

Fitur lain yang ditawarkan adalah kontrol yang dipasang di kemudi, setir yang dapat disetel, MID pada instrumen panel, jok lebih besar dan nyaman, power windows, AC otomatis, dan lain sebagainya.

Publik India berharap Karimun Wagon-R jika di Indonesia ini dibekali mesin yang sama dengan yang beredar saat ini, yakni mesin bensin tipe K10B berkapasitas murni 998 cc, yang diklaim irit.

Dikabarkan juga New Wagon R ini juga akan tersedia dalam model bahan bakar ganda CNG, yang dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan dan juga AMT. Jangan berharap Wagon R dibekali mesin diesel.

Baca juga:  Bagnaia Juara Moto2 di GP Austria, Marquez Jatuh Jelang Finish

Unsur keamanannya didukung oleh dual airbag dan fitur ABS di seluruh varian. Di pasar, Maruti Wagon R bakal menemani Hyundai Santro dan Tata Tiago, dengan banderol diperkirakan dimulai dari 89 jutaan Rupee hingga 114 jutaan Rupee. [dp/MTH]