Uji Emisi Gratis, Upaya Auto2000 Bikin Mobil Jadi ‘Sehat’

Auto2000 dan Pertamina menggelar program uji emisi gratis di seluruh cabang Auto2000 di Bali.

JAKARTA (DP) – Dalam rangka menciptakan kondisi udara yang sehat, sekaligus membuat mobil kembali menjadi ‘sehat’, Auto2000 bersama Pertamina menghadirkan program uji emisi kendaraan Toyota secara gratis.

Program ini telah terlaksana di seluruh cabang Auto2000 di Bali sejak pertengahan Desember lalu, lewat penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara kedua belah pihak.

Dengan adanya MoU ini menandakan komitmen keduanya dalam membantu menjaga kadar emisi gas buang kendaraan khususnya merek Toyota yang tersebar di Pulau Dewata tersebut.

Disisi lain, program ini juga menjadi salah satu langkah konkrit menekan pencemaran udara kendaraan bermotor, dengan melakukan uji emisi gas buang saat bertandang ke bengkel resmi Auto2000 untuk pemilik mobil Toyota.

“Kerjasama ini merupakan bukti keseriusan Auto2000 dalam menjaga lingkungan hidup dengan cara menekan pencemaran udara yang berasal dari kendaraan bermotor melalui uji emisi gratis di bengkel resmi Auto2000 wilayah Bali,” kata Royen Bonggal, Operation Manager Auto2000 wilayah Kalimantan Bali, Kamis (3/1).

Baca juga:  SUV Tata Motors Ini Jadi Mobil Teraman di India

Untuk bisa mendapatkan uji emisi gratis ini caranya mudah. Persyaratan utamanya adalah pemilik mobil Toyota tipe apapun dan membeli BBM jenis Pertamax atau Pertamina DEX senilai Rp200.000.

Selain itu, konsumen wajib mengikuti program Berkah Energi Pertamina dengan mengunggah struk pembelian ke aplikasi MyPertamina. Selanjutnya konsumen dapat langsung mengunjungi bengkel resmi Auto2000 yang berada di Bali. Periode program dimulai dari 18 Desember lalu hingga 31 Maret 2019.

“Kerja sama ini juga menjadi proyek percontohan yang ke depannya bisa diadopsi oleh cabang Auto2000 lain, dalam rangka meningkatkan kesadaran pemilik mobil Toyota untuk menjaga keasrian lingkungan hidup dengan cara melakukan uji emisi gas buang secara rutin,” ujar Royen.

Dengan begitu, bisa diketahui seberapa baik gas buang yang dihasilkan oleh mobil dan segera bisa dilakukan langkah perbaikan bila ternyata hasilnya melampaui batas maksimal yang ditetapkan.

Baca juga:  Begini Cara Pertamina Amankan BBM Pada Musim Mudik 2018

Sebagai informasi, emisi gas buang di atas batas maksimal diklaim membuat mesin mobil jadi boros bensin, performa menurun, dan dalam jangka panjang berisiko merusak komponen mesin. [dp/MTH]