Penjualan Mobil Listrik di Norwegia Melonjak Drastis di 2018

Penjualan Nissan Leaf melambung tinggi di Norwegia sepanjang 2018.

NORWEGIA (DP) – Siapa sangka jika negara di Semenanjung Skandinavia bagian barat ini ternyata cukup moncer untuk penjualan kendaraan listriknya. Hal itu dibuktikan sepanjang tahun lalu, satu dari tiga mobil baru yang dijual di negara tersebut adalah mobil listrik.

Seperti dilansir oleh Reuters, badan survei independen Norwegian Road Federation (NRF) mencatat penjualan mobil-mobil listrik di Norwegia melonjak 31,2% dari total penjualan mobil di sana.

Bila ditambahkan dengan kendaraan plug-in hybrid, tergapai total pencapaian pasar menjadi 49,1%. Secara total penjualan mobil listrik di Norwegia naik 40% jadi 46.092 unit pada 2018.

Dibalik itu, justru penjualan mobil-mobil bermesin konvensional justru menurun, seperti misalnya kendaraan diesel melorot 28%, sementara lini produk bermesin bensin turun 17% dan dan mobil hybrid 20%.

Menariknya, Nissan Leaf generasi kedua menjadi mobil terlaris di Norwegia tahun lalu. Tesla juga mengalami tahun yang sangat baik, dengan 8.623 pengiriman atau naik 161 unit dibandingkan 2017.

Baca juga:  Grafis 'Kekinian' Buat Honda BeAT eSP dan BeAT Street eSP
Tesla Model 3

Meski begitu, pasar mobil baru di negara itu menyusut 6,8% pada tahun lalu menjadi 147.929 unit, yang disebabkan anjloknya penjualan mobil-mobil bermesin bensin maupun diesel.

Dengan hasil tersebut menjadi rekor baru penjualan mobil listrik di Norwegia, sekaligus menandai rencana besar mereka untuk menghentikan penjualan mobil-mobil mesin konvensional pada 2025, dalam rangka mengurangi polusi udara dan emisi karbon.

Semakin jelas, perluasan kendaraan listrik yang begitu cepat di Norwegia ini tidak akan mungkin terjadi tanpa keterlibatan pemerintah. Sebagai informasi, pemerintahan Norwegia membebaskan pajak yang dibebankan kepada para pemilik mobil listrik.

Selain itu, mereka (pemilik mobil listrik) diberikan berbagai keuntungan seperti parkir gratis dan titik pengisian baterai untuk kendaraannya. Namun, beberapa analis nampak ragu-ragu bahwa Norwegia bakal mencapai target untuk sepenuhnya mobil-mobil baru bermesin listrik beredar di sana pada 2025.

Mereka meyakini pertumbuhan mobil listrik dibatasi oleh kenyataan bahwa terlalu banyak orang tidak memiliki tempat parkir pribadi dan enggan membeli mobil listrik jika mereka tidak dapat menetapkan titik pengisian daya di rumah.

Baca juga:  Kejar Nissan, Mobil Listrik Toyota 'Sengat' Eropa 2021
Audi e-tron

Namun faktanya di lapangan adalah dengan dimulainya pengiriman Tesla Model 3 pada tahun ini di Norwegia, menjadi bukti kuat langkah pemerintah bakal mencapai target tersebut.

Kedatangan varian Tesla juga untuk melihat seberapa besar peningkatan penjualan yang akan tercapai pada 2019. Di awal tahun ini pula dilaporkan, Norwegia telah melakukan pemesanan 30 ribu unit mobil listrik, yang didominasi Tesla Model 3 dan Audi e-tron. [dp/MTH]