Mengenang Kemesraan Yamaha dan Toyota


LOS ANGELES (DP) – Yamaha dan Toyota menjalin hubungan kemitraan yang menarik selama bertahun-tahun. Yamaha bahkan pernah merancang dan memasok mesin untuk sejumlah model sport Toyota, seperti Celica, MR2 hingga 2000GT.

Bahkan mobil sport termahal Lexus, yakni LFA, juga tak lepas dari campur tangan Yamaha.

Pada era 1970-an, Toyota menciptakan pickup tapi tak diproduksi massal bernama Yamahauler. Pickup itu memiliki kemampuan untuk mengangkut sepeda motor di bak belakang. Bahkan kemampuan membawa sepeda motor itu menjadi ‘bahan jualan’ Toyota kala itu, terutama dengan kemudahan akomodasi yang ditawarkan pickup mereka dibandingkan dengan rival-rivalnya asal Amerika yang posisi baknya tinggi sehingga menyulitkan untuk mengangkut sepeda motor.

Pada 1974, Toyota memperkenalkan versi bak lebih panjang, yang masuk dalam jajaran model Hilux, atau kalau di Jepang saat itu kondang dengan nama Toyota Truck.

Nah untuk memperingati kemitraan panjang dengan Yamaha, Toyota kembali melahirkan Yamahauler, yang masih mempertahankan gaya iklan lawas yang mempromosikan kemampuan angkut pickup tersebut. Hanya saja, Toyota juga menambahkan sejumlah fitur baru yang tak ditemui di tipe standar, seperti karpet di bak, tempat duduk model bucket dengan striping ala era 70-an, velg Cragar dan cat custom garapan Molly Design.

Baca juga:  Toyota-BYD Makin Akrab Bikin Mobil Listrik

Beberapa artikel di majalah pada era 1970-an mengklaim bahwa pickup yang tak dijual itu menggunakan suspensi belakang independen dan rem cakram yang dicomot dari Jaguar XKE. Juga dibekali turbocharger AK Miller untuk mendongkrak tenaga sebesar 7 hp.

Meski sudah jamak di era sekarang, turbo pada 1974 merupakan fitur yang sangat tak lazim. Kalau sekarang turbo sudah disematkan pada mesin bensin pickup bongsor semacam EcoBoost milik Ford pada model F-150.

Untuk Yamahauler sendiri memang tidak ada di pasaran, tapi Toyota ingin publik tahu, terutama komunitas pengguna sepeda motor, bahwa mereka mampu membuat pickup yang nyaman untuk menaikturunkan satu atau dua sepeda motor sekaligus meski dari sisi dimensi lebih kecil ketimbang pickup Amerika kebanyakan.

Toyota kemudian memperkenalkan lagi promosi kedua untuk Yamahauler pada 1979, sebuah pickup custom yang berhasil meraih juara pertama dalam sebuah kontes.

Baca juga:  Jelang Liburan Tahun Baru, Auto2000 Beri 3 Promo Menggoda

Sebelumnya, yakni pada 1972, Hot Rodmagazine custom membangun sebuah van Dodge yang juga dijuluki Yamahauler. Majalah tersebut bahkan mengikutsertakan van itu dalam sebuah kontes yang digembar-gemborkan melalui jaringan dealer Yamaha.

Yamaha sepertinya harus mempertahankan hak intelektual untuk nama Yamahauler untuk mengantisipasi Toyota kembali membuat pickup pengangkut sepeda motor di kemudian hari. [DP/TGH]