Perkenalkan Hyundai Cradle, Kendaraan Unik Mirip di Film Star Wars


LAS VEGAS (DP) – Tak lama lagi Consumer Electronics Show (CES) 2019 digelar, yang akan dimanfaatkan Hyundai untuk memperkenalkan kendaraan konsep baru bernama Cradle. Kendaraan jenis apa?

Jika mengacu pada namanya yang memiliki arti mengayun, kendaraan ini bukanlah kendaraan biasa untuk penumpang. Lantas kendaraan apa?

Memang bukan kendaraan untuk penumpang. Sekilas, Cradle mirip dengan AT-AT Walker di film Star Wars, yaitu wahana yang bisa melintasi medan berbatu atau puing-puing bekas terkena bencana.

Tapi Hyundai menjuluki konsep Cradle sebagai ‘mobil berjalan’. Memang benar, meski memiliki empat roda, Cradle juga dilengkapi kaki robotik. Jadi roda-roda yang direkatkan pada kaki robotik itu berguna ketika pengguna memilih mode untuk menggelinding layaknya kendaraan biasa. Tapi ada juga mode untuk berjalan layaknya robot, atau bahkan bisa juga mendaki area terjal berbatu.

Hyundai mengklaim Cradle adalah kendaraan konsep yang sama sekali baru, yang menggabungkan robotik dan teknologi kendaraan listrik. Menurut pabrikan mobil Korea Selatan ini, Cradle merupakan konsep mobilitas terbaru yang mampu menerabas segala medan yang tak bisa ditempuh oleh mobil biasa.

Baca juga:  Adira Insurance Berkolaborasi dengan OK! Bank Indonesia

Klaim itu tak berlebihan. Meski belum rela mengumbar detail dari Cradle, tapi dari gambar yang dirilis, konsep ini memang bukan kendaraan biasa. Lebih pas bila Cradle ditugaskan sebagai kendaraan penyelamat yang mampu beroperasi di wilayah bencana, seperti gempa bumi.

Untuk bencana alam seperti gempa bumi, biasanya diwarnai dengan runtuhnya bangunan dan rusaknya infrastruktur jalan dan jembatan. Secara teoretis, Cradle mampu beroperasi di area yang dipenuhi reruntuhan.

Apalagi Cradle juga memiliki kabin besar mirip van dengan pintu berukuran besar, jadi tepat sekali jika Cradle ditugaskan sebagai kendaraan pendukung tim rescue. Semoga saja Hyundai segera memproduksi konsep ini agar Cradle lebih cepat membantu operasi kemanusiaan di berbagai belahan dunia. [DP/TGH]