Daimler Siap Rilis Truk Swa Kemudi Tahun Ini


LAS VEGAS (DP) – Dunia otomotif telah memasuki teknologi swa kemudi alias otonom, bahkan sudah menyasar ke kendaraan non penumpang, seperti traktor, forklift hingga truk besar.

Di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2019 yang dihelat di Las Vegas, Daimler memperkenalkan traktor swa kemudi.

Selain itu, Daimler juga tengah menggarap proyek truk swa kemudi level 2 berstandar SAE, yakni Freightliner Cascadia. Teknologi ini tidak otonom sepenuhnya, tapi masih membutuhkan intervensi pengemudi.

Cascadia akan menjadi truk pertama yang mengusung teknologi self driving SAE level 2 yang mengaspal di Amerika Utara. Layaknya mobil penumpang biasa yang mengadopsi teknologi serupa, apa yang ditawarkan Daimler akan bekerja pada kisaran kecepatan tertentu, yang didukung sensor dan informasi kamera optikal.

Namun demikian, selain menguasai SAE level 2, Daimler juga tengah mengembangkan kemampuan swa kemudi level 4, yang akan membuat truk bisa melaju sendiri tanpa bantuan sopir.

Baca juga:  BMW Siap Rilis Layanan 'Taksi Online' di China

Jika teknologi itu sudah teruji dan mendapat persetujuan otoritas setempat untuk dioperasikan, diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan keselamatan berlalu-lintas, menekan biaya pengiriman dan bahkan mengurangi kemacetan karena dapat dioperasikan di malam hari ketika lalu-lintas lengang.

Kendaraan swa kemudi dapat menjadi perubahan paradigma dalam hal teknologi transportasi. Memiliki kendaraan pribadi yang sanggup mengantar pemiliknya ke tempat kerja tanpa harus mengemudi sendiri tentu fitur yang sangat berguna. Tapi bila ini diterapkan di segmen kendaraan komersial, manfaatnya akan lebih besar lagi.

Untuk itulah, Daimler Trucks berinvestasi sekitar $570 juta untuk menciptakan 200 lapangan kerja untuk mengembangkan teknologi swa kemudi penuh, yakni SAE level 4 untuk truk besar dan mulai dipasarkan dalam 10 tahun ke depan. Sedangkan Freightliner Cascadia, dengan SAE level 2, dijadwalkan meluncur pada 2019 ini. [DP/TGH]