Daihatsu New Xenia-Toyota New Avanza Buat Merespons Xpander?


JAKARTA (DP) – Tampilan duet Daihatsu Grand New Xenia dan Toyota New Avanza-New Veloz yang diluncurkan pada Selasa (15/1), dinilai sejumlah kalangan menyerupai rival utamanya, yakni Mitsubishi Xpander. Benarkah demikian?

Bahkan kehadiran low MPV kembar yang hanya versi facelift itu dituding sebagai reaksi Toyota-Daihatsu terhadap sukses yang diraih Xpander, yang mengedepankan tampilan sporty, terutama desain fascia depannya.

Namun Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy menampik bahwa desain Toyota New Avanza dan Daihatsu Grand New Xenia menyerupai Mitsubishi Xpander.

Pernyataan Anton tersebut tentu juga bisa mewakili pihak Astra Daihatsu Motor, karena Daihatsu sendiri adalah anak perusahaan penuh dari Toyota Motor Corp. Apalagi Avanza dan Veloz juga diproduksi di pabrik milik Daihatsu di Tanah Air.

“Saya tegaskan bahwa kehadiran New Avanza (juga Daihatsu Grand New Xenia) bukanlah sebagai reaksi dari kehadiran Mitsubishi Xpander. Tapi ini merupakan hasil survei dan diketahui bahwa konsumen menginginkan mobil yang stylish dan modern, yang ditunjukkan oleh New Avanza,” kata Anton di sela acara peluncuran Toyota New Avanza dan New Veloz di Jakarta.

Baca juga:  Mobil Hybrid Tidak Dicoret dari Perpres Mobil Listrik

“Sedangkan untuk desain New Avanza (New Xenia) adalah terinspirasi dari Toyota sendiri. Anda tahu Toyota punya Vellfire dan Voxy dengan desain lampu utama terbelah bukan?,” sebut Anton seraya mengibaratkan New Avanza ini sebagai baby Vellfire atau baby Voxy.

Pernyataan Anton itu diamini Chief Engineer New Avanza & New Veloz, Kazutoshi Sakamoto, yang mengatakan bahwa desain New Avanza, New Veloz (juga New Xenia) ini sudah dipikirkan sebelumnya dan merupakan hasil survei untuk mengetahui keinginan konsumen.

“Dari sisi styling, kami mengembangkan khusus untuk Indonesia yang terinspirasi dari model-model Toyota lainnya (Vellfire dan Voxy). Kami memang mengembangkan model ini sesuai dengan karakter jalan di Indonesia, yaitu jalan sempit, menanjak, dan banjir. Avanza memang dirancang untuk Indonesia,” ucapnya.

Ia bahkan meminta konsumen untuk melakukan test drive New Avanza untuk merasakan bahwa pengemudian dan pengendalian model ini jauh lebih baik dari model sebelumnya.

Baca juga:  Ada Toyota Alphard Berlogo Lexus, Pertanda Apa?

New Toyota Avanza ditawarkan dalam beberapa varian, meliputi 1.3E M/T (transmisi manual), 1.3E A/T (transmisi otomatis), 1.3G M/T, 1.3G A/T, dan 1.5G M/T. Sementara model tertingginya, Veloz 2019 memiliki tipe 1.3 M/T, 1.3 A/T, 1.5 M/T, dan 1.5 A/T.

Ada enam pilihan warna yang tersedia untuk New Avanza, yaitu Black Metallic, Bronze, Dark Blue, Dark Red Mica Metallica, Silver Metallic, dan White.

Sedangkan Daihatsu Grand New Xenia menawarkan 10 varian dengan banderol dimulai dari Rp183.350.000 hingga Rp228.950.000 on the road (OTR) Jakarta. Delapan pilihan warna tersedia termasuk tiga warna baru, yaitu Pearl White, Bronze Metallic, dan Blue Metallic.

Sementara lima warna lain yang sudah ada pada model sebelumnya tetap dipertahankan, meliputi Icy White, Classic Silver, Dark Red Metallic, Dark Grey Metallic, dan Midnight Black.

Bagi Anda ingin membuktikan apakah New Xenia, New Avanza/Veloz terinspirasi dari model Toyota lain atau meniru Xpander, Anda bisa membandingkannya di jalan atau dealer. Bisa juga ketika dihelat pameran otomotif Indonesia International Motor Show 2019 pada akhir April hingga Mei mendatang. [dp/TGH]