Penjualan Stagnan, Wahana Tetap Kuasai Pangsa Pasar 72 Persen

Kontribusi Vario series pada sektor ekspor cukup signifikan sepanjang 2018, dengan peningkatan 94% dibandingkan tahun 2017.

JAKARTA (DP) – Sepanjang 2018, PT Wahana Makmur Sejati (WMS), main dealer sepeda motor Honda Jakarta dan Tangerang, mampu membukukan angka penjualan sebanyak 401.500 unit untuk seluruh produknya.

Dari total tersebut, kontribusi terbesar masih dihasilkan dari lini produk skutik matik dengan pencapaian sebesar 370.300 unit, disusul tipe Sport 15.600 unit dan tipe Cub (bebek) sebanyak 15.520 unit.

Chief Marketing Officer, Edi Setiawan, mengaku bahwa sepanjang tiga tahun belakangan, pertumbuhan industri roda dua tidak terjadi bahkan pasarnya sendiri sudah tidak lagi bertumbuh.

“Secara total pasar roda dua di wilayah Jakarta-Tangerang mengalami penurunan, sementara kami cukup beruntung bisa tumbuh meskipun kecil. Setidaknya kita bisa mempertahankan pangsa pasar di angka 72%,” kata Edi, disela-sela temu media di kantor pusat Wahana di Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Rabu (16/1).

Lebih lanjut Edi menambahkan bahwa Wahana mampu berkontribusi sebesar 10 hingga 11 persen. Secara urutan dibanding wilayah di Indonesia, dealer Wahana berada di urutan keempat.

Baca juga:  Kampung Pelebur Aki Punya Bengkel Sendiri
Layanan purna jual Wahana menyumbangkan angka hingga 5,1 juta unit di 2018.

“Target untuk tahun ini telah kami tetapkan yaitu kenaikan lima persen, atau menjadi 425.000 unit. Hal ini tentunya didukung 120 jaringan Wahana yang ada di wilayah Jakarta-Tangerang,” kata Edi.

Prestasi lain pun ditorehkan dari sektor layanan aftersales. Dengan kekuatan 334 bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), Wahana mampu berikan layanan aftersales hingga 5,1 juta unit sepanjang tahun lalu.

Peminat Honda BigBike ataupun unit CBU, jaringan AHASS juga memberikan layanan dengan melengkapi special tools untuk tipe Honda BigBike dan unit CBU di dealer BigWing dan dealer Wing.

Memaksimalkan layanan pada konsumen Wahana juga diberikan mobile service ‘Semok’ (Service Motor Keliling) serta layanan HELP (Honda Peduli Layanan Pelanggan). [dp/MTH]