Gila! Toyota Supra 2020 Produksi Perdana Terjual Rp30 Miliar


LOS ANGELES (DP) – Toyota Supra model 2020 yang resmi diperkenalkan di ajang North American International Auto Show (NAIAS) 2019 yang dibuka medio pekan lalu di Detroit, AS, menyita perhatian jutaan mata di seluruh dunia, terutama para pecinta mobil sport penggerak roda belakang lansiran Toyota ini.

Tak berhenti di situ kehebohan yang dibuat Toyota Supra versi teranyar ini, karena model sport yang dikembangkan bersama BMW itu kembali mengguncang dunia setelah model produksi perdananya sudah laku terjual dengan harga selangit.

Jika Toyota Supra lansiran 1993 dengan jarak tempuh rendah dihargai sekitar $100.000 atau sekitar Rp1,4 miliar di Amerika Serikat, untuk produksi perdana Toyota Supra 2020 terjual seharga $2,1 juta atau setara hampir Rp30 miliar. Kok bisa semahal itu?

Harga yang tak wajar untuk mobil bermesin 3.0 liter enam silinder twin-turbocharged bertenaga 335bhp. Memang benar, tapi harga setinggi itu bukan dilepas ke konsumen umum, melainkan melalui lelang yang digelar rumah lelang Barrett-Jackson Scottsdale. Hasil lelang itu pun digunakan untuk kegiatan amal.

Baca juga:  Sambut Toyota Supra, Ini Ada Body Kit Keren dari TRD

Untuk Toyota Supra 2020 produksi perdana merupakan versi Launch Edition berkelir matte gray, dan uang hasil lelang diserahkan kepada American Heart Association dan Bob Woodruff Foundation.

Perlu Anda ketahui, Toyota Supra versi Launch Edition hanya dibuat sebanyak 1.500 unit, dan setiap unitnya dihargai $56.180 (Rp798 jutaan). Itu artinya, harga Supra edisi produksi perdana berharga 37 kali lebih tinggi ketimbang yang dipasarkan secara umum.

Harga itu juga $1 juta lebih tinggi dari harga Ford Mustang Shelby GT500 model 2020, yang memiliki spesifikasi jauh di atas Supra, yakni bertenaga lebih dari 700 horsepower. [dp/TGH]