Ini Bukti Ketangguhan Toyota, Menangi 3 Kategori Reli Dakar


TOKYO (DP) – Berakhirnya salah satu reli terganas dunia, yakni Reli Dakar, memberikan kesan manis bagi Toyota sebagai salah satu pabrikan yang menerjunkan beberapa model kendaraan di ajang tahunan tersebut.

Tak cuma menampilkan model lebih dari satu untuk terjun di Reli Dakar, tapi Toyota juga menggondol tiga trofi juara di masing-masing kategori melalui HiLux, Land Cruiser dan truk Hino Ranger.

Akio Toyoda, presiden Toyota Motor Corp., secara pribadi menyampaikan ucapan selamat kepada tim-tim yang menggeber Toyota dan Hino di Reli Dakar. Hino sendiri adalah pabrikan truk yang berada di bawah payung Toyota Motor Corp.

Setiap tahun, banyak tim yang memilih Toyota Hilux dan Land Cruiser untuk berlaga di Reli Dakar karena kemampuan dan ketangguhan kendaraan-kendaraan tersebut. Reli yang didominasi gurun pasir di Amerika Selatan selama dua pekan itu benar-benar bagaikan ‘neraka’ bagi kendaraan dan para pereli, dan hanya kendaraan dan pereli yang tangguh yang mampu melewati medan ganas tersebut.

Baca juga:  Pereli Hyundai Was-was dengan Kecepatan Toyota Yaris WRC

Untuk ucapan selamat dari Toyoda, dialamatkan secara khusus kepada tiga tim juara, yakni Team Land Cruiser Toyota Auto Body (TLC) yang berhasil mengukir gelar juara enam kali berturut-turut untuk kategori ‘Production Division’. Tim berikutnya adalah Hino Team Sugawara, yang meraih gelar juara ke-10 kalinya berturut-turut di kategori ‘Truck’ (mesin 10 liter dan di bawahnya), dengan memacu Hino Ranger.

Sedangkan pereli kawakan Nasser Al-Attiyah dan navigator Mathieu Baumel yang membela Toyota GAZOO Racing South Africa, mengukir sejarah bagi Toyota setelah menjadi juara untuk kali pertama bagi merek Jepang ini dengan mengandalkan Hilux.

Reli Dakar yang melintasi medan berat berpasir tebal dan gersang sepanjang sekitar 5.000 km itu membentang di Benua Amerika dan dihelat selama dua pekan penuh. Ada beberapa kategori yang dilombakan, termasuk untuk sepeda motor, dan Toyota berpartisipasi di kategori truk dan juga SUV.

Baca juga:  Benar Saja, MPV Lexus Nyaris Kembar Identik dengan Toyota Alphard

Kebanyakan kendaraan yang tampil di Reli Dakar telah dimodifikasi sedemikian rupa agar mampu melibas permukaan jalan yang berat, tapi ada juga yang masih standar.

Menurut bos Toyota, mobil-mobil modern harus sanggup melibas medan apapun tanpa masalah, dan Toyota terus berupaya menciptakan mobil-mobil yang lebih baik lagi. [dp/TGH]