Generasi Milenial Penyumbang Angka Kecelakaan Tertinggi

Kegiatan Millennial Road Safety Festival 2019 resmi dibuka, dan akan dilanjutkan dengan roadshow di 34 kota di Indonesia.

JAKARTA (DP) – Korps Lalu Lintas Polri Polda Metro Jaya Berkolaborasi dengan Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PKG) dan Relawan Lalu Lintas Indonesia (Relasi) melakukan kegiatan Millennial Road Safety Festival 2019, yang dipusatkan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (20/1) lalu.

Acara yang diklaim dihadiri ribuan generasi milenial tersebut dalam rangka mendukung ketertiban lalu lintas dan keselamatan berkendara. Hadir sebagai pembicara Direktur Rifat Drive Labs, Rifat Sungkar.

“Kegiatan ini merupakan Program Nasional yang bertujuan untuk mendukung ketertiban lalu lintas dan keselamatan berkendara bagi generasi Millennil menuju Indonesia gemilang,” kata Dirlantas, Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusuf, dalam siaran resminya.

Kaum milenial di Indonesia yang berjumlah 65 juta jiwa—dari rentang usia 20 – 35 tahun—tercatat menjadi generasi yang menyumbang angka kecelakaan lalu lintas tertinggi, yaitu mencapai angka 55%.

Sebagai duta keselamatan berkendara, Rifat mengaku bahwa acara seperti ini sangat penting diadakan secara berkala demi terus membantu kaum milenial tertib dan bijak dalam berlalu lintas.

Baca juga:  Polda Metro Jaya: Tes Psikologi SIM Ditunda!

“Kecelakaan lalu lintas tertinggi berada di kaum milenial. Artinya generasi penerus bangsa berada di satu lingkungan yang sangat beresiko menimbulkan kecelakaan karena berbagai macam alasan,” ungkap Rifat.

“Tentu saja hal ini perlu diantisipasi dengan melakukan pendekatan, sosialisasi, serta beragam hal lainnya yang bisa membawa kaum milenial ke arah yang lebih baik,” lanjutnya.

Millennial Road Safety Festival 2019 sendiri digelar dengan gaya kasual sehingga membuat proses sosialisasi dan edukasi tentang road safety menjadi lebih menarik.

Acara ini hanya permulaan karena akan dilanjutkan dengan acara pembukaan yang akan digelar pada 31 Maret mendatang di Monas, Jakarta Pusat. Dijadwalkan Presiden Joko Widodo akan meresmikan kegiatan tersebut.

Setelah itu, rangkaian acara bakal dilanjutkan dengan roadshow ke 34 provinsi di Indonesia. “Diharapkan kaum milenial menjadi semakin peduli dengan keberlangsungan hidup bangsa ini karena kemajuan bangsa Indonesia ada di tangan mereka,” tambah Rifat.

Baca juga:  Balap di Kelas Senior di X30 Asia Tenggara, Prassetyo Hardja Raih Podium Pertama

Dirinya mengklaim mereka (kaum milenial) bisa membawa perubahan terutama dalam urusan tertib berlalu lintas, karena lalu lintas adalah parameter tentang bagaimana negara-negara lain menilai bangsa kita.

“Maka dari itu saya sebagai duta keselamatan berkendara sangat bersemangat dalam mensosialisasikan program Millennial Road Safety Festival 2019 karena ini adalah salah satu langkah nyata penyelematan generasi masa depan bangsa,” tutup Rifat. [dp/MTH]