Kendaraan Asli Indonesia Ini Siap Diproduksi Massal Tahun Ini


JAKARTA (DP) – Meski tak banyak diberitakan, tapi kendaraan buatan anak bangsa ini mampu mendukung roda perekonomian nasional, terutama di kawasan pedesaan, serta menghidupkan industri kecil dan menengah (IKM).

Ya benar, Alat mekanis multiguna perdesaan (Ammdes) disebutkan siap diproduksi massal dengan target 3.000 unit pada tahun ini dan dibanderol seharga Rp65 juta hingga Rp70 juta per unit.

Saat ini, Ammdes telah menjalani serangkaian uji coba dalam rangka pengembangan produksi dan telah tersedia distributor Ammdes maupun suku cadangnya, kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Selasa (22/1).

“Ammdes siap diproduksi sebanyak 3.000 unit, dan kami akan tingkatkan menjadi 9.000 unit hingga 15.000 unit per tahun dengan produksi secara massal dimulai pada 2019,” ungkap Airlangga.

Airlangga menjelaskan bahwa harga Ammdes yang dibanderol sekitar Rp65 juta hingga Rp70 juta itu di luar aksesorisnya.

Baca juga:  Ketika Pemilik Ferrari 'Lawas' Tanah Air Bertatap Muka

“Jika terjadi penambahan komponen, seperti pompa dan lainnya, harganya akan bertambah,” imbuhnya.

Dari sisi konsumsi bahan bakar, Airlangga mengatakan Ammdes akan menggunakan bahan bakar standar emisi Euro 2 atau Biodiesel 20% (B20).

“PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (PT KMWI) selaku produsen Ammdes, telah membangun komitmen kerja sama dengan lebih dari 70 industri komponen dalam negeri untuk menjadi pemasok komponen mobil tersebut,” ucap Menperin.

Hebatnya, para pemasok komponen itu sebagian besar adalah industri kecil dan menengah (IKM) yang mampu memproduksi 184 jenis komponen atau setara 70% dari nilai harga Ammdes. [DP/TGH]