Paduan Tiongkok-Arab, Wuling Almaz Tonjolkan Konsep Smart


BOGOR (DP) – Produsen mobil asal Tiongkok, Wuling Motors, secara resmi mengumumkan nama SUV terbarunya, yakni Almaz, yang diambil dari Bahasa Arab.

“Almaz berasal dari Bahasa Arab yang memiliki definisi berlian. Berlian mengandung filosofi stylish, tough and precious. Tagline produk SUV ini adalah Drive Unlimited Way, yang menonjolkan konsep smart dan teknologi SUV dengan keunggulan, seperti smart multimedia, mesin turbo bertenaga serta teknologi CVT terkini,” kata Vice President Wuling Motors, Cindy Cai, pada acara media gathering di Sentul, Rabu (23/1).

Almaz, menurut Cindy, merupakan produk keempat Wuling yang hadir dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun sejak berkarya di sektor otomotif Indonesia.

“Kami terus memberikan pilihan kendaraan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan diharapkan dapat terwujud melalui produk ini,” papar dia.

Di Tiongkok, produk ini dikenal dengan nama Baojun 530, yang ditawarkan dalam dua pilihan mesin, 1.8L dan 1.5L turbo. Untuk mesin 1.8L sama dengan yang digunakan pada Wuling Cortez 1.8L. Sedangkan Wuling Indonesia hanya membawa mesin 1.500cc 4 silider Turbocharged untuk Wuling Almaz. Mesin ini mampu menghasilkan torsi puncak 250 Nm pada 1.600 hingga 3.600 rpm.

Baca juga:  All New Ertiga Raih Best Cabin Insulation dari Majalah Mobilmotor

Wuling mengklaim mesin ini merupakan mesin 1,5 L Turbo dengan Honywell latest generation turbocharger, sehingga menghasilkan torsi terbesar di kelasnya, efisien, dan telah melewati pengujian 10.000 jam dan 300.000 kilometer.

Mengacu pada pilihan mesin ini, rasanya tidak berbeda jauh dengan yang ditawarkan sesama mobil Tiongkok, DFSK Glory 580, yang secara resmi mulai dipasarkan di Indonesia pada 19 Juli 2018. Glory 580 merupakan SUV 7 penumpang yang secara dimensi menyasar segmen Honda CR-V dan Nissan Terra.

Kemungkinan besar Wuling Almaz akan dibekali transmisi otomatis CVT. Transmisi ini sekaligus menjadi yang pertama diadopsi Wuling Motors Indonesia.

Sebelumnya, Wuling Cortez juga sudah dibekali dengan pilihan transmisi otomatis, tapi mengadopsi sistem intelligent-Automate Mechanical Transmision (i-AMT), yakni sistem transmisi manual yang diotomatiskan dengan pengembangan khusus.

Model ini dilengkapi dengan LED DRL (daytime running lamp), fog lamp, sunroof elektrik yang membujur dari kabin depan hingga kursi baris kedua, dan velg aluminium. Wuling Almaz akan dibekali fitur terkini, monitor 10 inci dengan smart multimedia, lewat layar LCD bisa mengatur AC, WulingLink, setting kendaraan, kamera 360 derajat dan TPMS.

Baca juga:  Mazda Berikan Bonus di Dua Tahun Hari Jadinya

“Mobil ini diperuntukkan bagi mereka konsumen yang independen, memiliki gaya hidup modern, dan mau menerima teknologi mutakhir sebuah kendaraan. Model ini akan diluncurkan pada kuartal I tahun ini,” ujar Cindy. [dp/PNB]