Menunggu Gebrakan Low MPV Daihatsu Setelah Xenia 1.5


JAKARTA (DP) – Pasar low multi pupose vehicle (MPV) hingga saat ini masih tetap menjanjikan di tengah gempuran model crossover dan SUV. Selain pemain lama, terbukti ada beberapa APM baru yang coba bermain di kelas ini.

Daihatsu yang sudah puluhan tahun bergelut dengan segmen ini, malah semakin agresif. Mulai tahun ini, Daihatsu yang awalnya hanya bermain di kelas 1.000 dan 1.300cc, kini sudah merilis varian mesin 1.500cc, yang disematkan pada Grand New Xenia 2019.

Kemunculan Grand New Xenia pun digadang-gadang akan menjadi era kebangkitan low MPV Daihatsu di Indonesia, sehingga kelak bisa disejajarkan dengan para rival, termasuk dengan kembarannya, Toyota New Avanza maupun Veloz, atau bahkan dengan Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio.

Meski hanya memasarkan dua varian bermesin 1.500 cc dengan teknologi Dual VVT-i, langkah ini merupakan terobosan mutakhir dari kubu Daihatsu, yang selama ini masih dianggap ‘anak bawang’ walaupun menempati segmen yang sama.

Baca juga:  All New Ertiga Minor Change Jadi Favorit Test Drive

“Hadirnya varian terbaru Grand New Xenia bermesin 1.500 cc semakin melengkapi pencapaian positif Daihatsu selama 15 tahun ini mengisi segmen pasar yang paling diminati konsumen Indonesia,” ujar President Director PT ADM, Tetsuo Miura, di sela-sela peluncuran Grand New Xenia di Daihatsu BSD Astra Biz Center, Tangerang, Selasa (15/1).

Melalui strategi tampil lebih segar dan menarik, bahkan dengan selisih harga yang hanya Rp50 ribu, Daihatsu menawarkan Grand New Xenia R AT Deluxe 1.5 dan Grand New Xenia R MT Deluxe 1.5. Masing-masing dilabeli harga Rp218 juta dan Rp218,050 juta.

Bahkan untuk harga Xenia facelift 2019, Daihatsu seperti halnya Toyota, sama sekali tidak menaikkan harga. Kecuali untuk varian 1.500 cc, yang sama sekali baru. Itu pun perbedaannya sangat tipis. Belum lagi potongan harga, yang menurut orang dalam Daihatsu, besarannya sama dengan Toyota.

“Ya, Daihatsu sama halnya dengan Toyota memberikan potongan harga. Besarnya juga sama dengan Toyota, tergantung kebijakan dealer,” ujar orang dalam Daihatsu yang tak ingin identitasnya diungkap.

Baca juga:  UD Trucks Pamerkan Truk Andalan Segala Sektor di GIIAS 2018

“Kebijakan untuk memberi potongan harga memang tidak diumumkan secara resmi, tetapi kalau ditanya, kita jawab memang ada diskon,” ucapnya.

Sementara Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengatakan, harga yang tidak naik ini merupakan bentuk apresiasi kepada konsumen, yang berkaca dari strategi penjualan Terios terbaru.

“Ya ini apresiasi, sama seperti Terios, juga enggak naik. Jadi strateginya kami lanjutkan, karena saat harga Terios enggak naik, demand naik, dari 1.000 jadi lebih dari 2.500 unit, jadi kami lihat apresiasi itu direspons positif oleh konsumen,” kata Amel, panggilan akrab Amelia.

Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, menjelaskan bahwa New Xenia telah mengalami ubahan lumayan banyak pada desain ekterior dan interior. Tak hanya itu, sejumlah fitur baru juga disematkan pada kembaran Toyota Avanza ini.

Baca juga:  Hankook Pasarkan Ban Murah Mulai Rp600 ribu Hingga Rp1 juta

Sedangkan untuk dapur pacu, Hendrayadi mengakui New Xenia masih mengusung mesin versi lawas berkapasitas 1.300 cc dengan kode 1 NR-VE DOHC Dual VVT-i. Mesin ini sanggup menghela tenaga maksimum 97×6,000 Ps/rpm dan torsi sebesar 12,3 / 4,200 kg-m/rpm.

Alasan New Xenia tetap menggunakan mesin lama adalah untuk mengakomodasi pelanggan yang membutuhkan kendaraan hemat bahan bakar. Meski demikian, Grand New Xenia memiliki varian yang memiliki mesin 1.500 cc seperti yang dipakai Toyota Avanza.

Mesin 1.500 cc di Grand New Xenia berteknologi Dual VVT-i dengan dua sistem pemindah daya, yakni transmisi otomatis dan manual. Untuk transmisi otomatis, Grand New Xenia dibanderol seharga Rp228,950,000 dan manual di angka Rp218,050,000. [Dp/Gtm]