Inikah Tampang Daihatsu Ayla Generasi Anyar?


KUALA LUMPUR (DP) – Sebagai produsen mobil yang lebih fokus ke segmen mobil kompak, Daihatsu sebenarnya bermain di banyak segmen, seperti low MPV, sedan, low SUV dan hatchback. Di segmen yang disebut terakhir, Daihatsu ternyata menyimpan ‘mainan’ keren yang masih sebatas konsep.

Pada ajang Kuala Lumpur International Motor Show 2018 lalu, Perodua, yaitu pabrikan mobil terbesar kedua di Malaysia yang memproduksi mobil Daihatsu bermerek Perodua, telah memperkenalkan model bernama X-Concept. Bertajuk “The Perodua of Tomorrow,” mobil konsep yang lebih pas sebagai crossover kompak itu memiliki gaya desain futuristik yang telah dibenamkan konektivitas modern.

Meski belum disebutkan kapan kendaraan konsep itu akan diproduksi, tapi sejumlah kalangan menilai bahwa X-Concept sebagai calon Axia generasi baru, yang sudah memasuki tahun kelima beredar di pasar Malaysia. Perodua Axia sendiri adalah nama lain dari Daihatsu Ayla yang dipasarkan di Indonesia.

Baca juga:  Toyota Pajang 3 Model Elektrifikasi di GIIAS 2019

Jika mengacu pada konsep tersebut, itu bisa menjadi acuan akan seperti apa all-new Axia nantinya. Apabila konsep tersebut memang benar-benar diwujudkan sebagai model produksi, “new Axia” diyakini mampu bersaing dengan model hatchback kompak lansiran Honda, yakni Brio, yang sudah meluncur versi anyarnya.

Sementara itu, pekan lalu muncul gambar render untuk new Axia, yang secara garis besar mirip dengan X-Concept. Untuk fascia depan dari gambar render ini, gril bagian atas dan lower intake tak lagi memiliki motif X, dan mengadopsi tampilan yang lebih konvensional. Konsep anyar ini lebih mirip dengan sentuhan Perodua yang dilakukan terhadap Aruz, yaitu nama lain dari Daihatsu Terios.

Palang berlapis krom yang membelah gril, memiliki tarikan garis menuju lampu utama, sehingga terlihat lampu tersebut seolah terbelah menjadi dua bagian. Kemudian, bagian sudut bumper terdapat lampu kabut bulat yang ‘dibungkus’ panel plastik berkelir hitam.

Baca juga:  Daihatsu Terios Sabet Penghargaan GDI of the Year 2018

Jika bodi pada X-Concept memiliki laburan tiga warna cat (yakni atap hitam, pilar C putih dan bodi merah), untuk gambar render Axia hanya memiliki dua warna, dengan bodi berkelir merah dan pilar C hitam, yang mengesankan atap melayang. Detail lainnya adalah handel pintu dan rumah spion yang dipinjam dari Aruz (Terios), sedangkan panel hitam di bawah bodi lebih mirip dengan X-Concept.

Untuk dimensi X-Concept, Perodua menjelaskan bahwa panjangnya adalah 3.750 mm, lebar 1.665 mm, sedangkan wheelbase 2.460 mm. Bandingkan dengan Axia yang memiliki panjang 3.640 mm, lebar 1.620 mm dan wheelbase 2.455 mm, sementara Myvi (Daihatsu New Sirion) memiliki panjang 3.895 mm, lebar 1.735 mm, wheelbase 2.500 mm.

Kita akan menunggu apakah PT Astra Daihatsu Motor akan memamerkan kendaraan konsep anyar yang menjadi calon penerus Ayla di ajang Indonesia International Motor Show 2019 atau di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 mendatang? Kita lihat saja. [dp/TGH]