Produk Ini Siap ‘Usir’ Endapan di Filter Solar


JAKARTA (DP) – Makin bertumbuhnya kendaraan di Indonesia tentunya kian menjanjikan para pelaku industri otomotif pendukung untuk terus menggelontorkan beragam produk terkini, baik itu untuk penunjang performa hingga yang terkait dengan ‘jeroan’ pada kendaraan.

Beragam produk peningkat performa atau lazim disebut booster terus bermunculan di pasaran, dengan klaim mampu membuat irit bahan bakar mobil, meningkatkan performa kendaraan, sampai dengan urusan perawatan kendaraan.

Namun untuk urusan yang terakhir bakal berbeda bila berhadapan dengan BBM yang tengah digalakkan oleh Pemerintah yaitu Biosolar atau lazim disebut Solar B20. Langkah ini dilakukan guna menjalankan Kebijakan Pemerintah sesuai Permen ESDM No 41 Tahun 2018.

Jenis BBM milik Pertamina yang beredar saat ini telah dicampur dengan 20% minyak nabati atau fatty acid methyl ester (FAME), yang berujung pada kotoran yang lebih banyak pada saringan bahan bakarnya.

Kondisi ini terjadi dikarenakan pembakaran tidak sepenuhnya maksimal di ruang bakar, yang berakibat gliserin (kotoran yang tidak terbakar) lebih banyak dan mengumpul di titik akhir yakni saringan bensin.

Willbern Group, produsen automotive chemical ternyata punya solusinya. Terobosan yang dihadirkan untuk meminimalisir kondisi tersebut melalui penggunaan Willbern Inteligent Cetane Booster (iC-B), yang khusus diperuntukkan bagi mobil-mobil bermesin diesel modern.

Baca juga:  Mobil Hybrid Tidak Dicoret dari Perpres Mobil Listrik

CEO Willbern Group, Juergen Gunawan coba memaparkan kegundahan tersebut. Menurutnya efek penggunaan Solar B20 membuat filter solar akan lebih cepat diganti, yang disebabkan gliserin yang terus menumpuk di filter solar.

“Hal ini dikarenakan endapan kotoran yang tersaring oleh filter solar akan lebih banyak ddibandingkan kala menggunakan solar biasa. Dan efeknya, periode penggantian filter solar lebih pendek,” ujar Juergen, saat dihubungi Dapurpacu, Senin (28/1).

Meski begitu, dirinya mengakui penggunaan Willbern iC-B tidak sepenuhnya mampu menghilangkan endapan kotoran yang ada. Dengan pemakaian rutin, produk ini diklaim dapat meminimalisir sekitar 50% FAME yang ada di dalam Solar B20.

Secara teknis, lanjut Juergen, iC-B memiliki fungsi meningkatkan angka cetane index di solar, sekaligus meminimalisir fatty acid yang terkandung di dalam B20.

“Sebelum resmi diluncurkan, produk ini sudah dicoba langsung oleh komunitas Toyota Innova Reborn, khususnya yang bermesin diesel dan respon dari mereka cukup baik. Menurut mereka dengan penggunaan produk ini periodik penggantian filter solar lebih panjang,” kata Juergen.

Baca juga:  Yuk Ramaikan Pameran Helm di Bandung

Penggunaan produk ini mudah, cukup tuangkan ke tangki bahan bakar, dengan takaran 1 mili liter untuk 1 liter BBM. Kemudian iC-B secara otomatis akan menetralisir FAME yang ada di solar, dan membuat kinerja filter solar lebih enteng.

“Efek yang dihadirkan adalah pembantu ledakan solar lebih baik karena cetane index lebih baik, dan konsumsi bahan bakar lebih baik hingga 10%.”

Anti ‘Nglitik’ Buat Mesin Bensin

Selain meluncurkan untuk mobil bermesin diesel, Willbern Group juga merilis untuk mobil bermesin bensin yaitu Willbern Inteligent Fuel Booster (iF-B). Keduanya adalah Fuel Optimizer & Performance Improver yang diformulasi menggunakan iRF Technology.

“Manfaat utama teknologi ini untuk memperbaiki kualitas bahan bakar, sehingga dapat meningkatkan performa kendaraan, dan optimalisasi konsumsi BBM,” klaim Juergen.

Secara rinci, iF-B ada kandungan Active Cleaner Agent yang akan membersihkan karbon deposit pada ruang pembakaran, serta formula ekstra power releaser, serta mampu meningkatkan angka final anti-knock index pada mesin bensin.

Juergen menambahkan jika produk yang umum di pasar ada yang berdampak negatif pada mesin saat digunakan dalam jangka panjang, maka kedua produk Willbern dijamin tetap aman karena sudah dilakukan uji laboratorium di Petrolab Services.

Baca juga:  Marc Marquez Persembahkan Kemenangan ke-300 Untuk Honda
Willbern resmi menjadi sponsor resmi tim balap ABM Motorsport.

Hal ini juga dapat dibuktikan dengan telah digunakannya produk Willbern di beberapa jaringan bengkel resmi yang juga turut hadir dalam acara peluncuran yang digelar di AFJ Motorsport, Jakarta Timur, Sabtu (26/1) lalu.

“Produk-produk kami telah banyak digunakan di bengkel-bengkel resmi seperti Daihatsu, Isuzu, Suzuki, Mitsubishi, Nissan, BMW, Ford, Chevrolet, dan lain sebagainya. Responnya positif,” klaim Juergen.

“Sebelum diluncurkan, kami telah melakukan serangkaian riset dengan menggunakan kendaraan dan segala jenis bahan bakar yang ada di Indonesia selama 2 tahun terakhir. Hasilnya, aman di iklim tropis dan aman terhadap komponen sensor yang ada di mesin modern,” tutup Jurgen.

Urusan harga, untuk tipe iF-B dijual seharga Rp70 ribu per botol, sedangkan untuk iC-B dibanderol Rp60 ribu per botol, yang masing-masing berukuran sama yaitu 50 ml.

Kedua produk tersebut sudah bisa didapatkan diseluruh jaringan reseller Willbern, diantaranya AJF Motorsport, TODA, Wisesa Motorsport, Sentra Oli Service Kelapa Gading, OSF Motorsport, dll. [dp/MTH]