Pereli Hyundai Was-was dengan Kecepatan Toyota Yaris WRC


MONTE CARLO (DP) – Pereli Hyundai yang berhasil menduduki posisi runner-up di ajang Monte Carlo Rally, Thierry Neuville, mengatakan dirinya cemas dengan laju Toyota Yaris WRC saat berlaga di seri pembuka World Rally Championship musim 2019 akhir pekan lalu.

Neuville berhasil mengunci posisi kedua di belakang sang juara yang menggeber Citroen C3, Sebastien Ogier, tapi Ott Tanak tampil lebih beringas dan sempat memimpin lomba pada Kamis (24/1) dan membuntuti di posisi ketiga pada hari berikutnya sampai ia melakukan penggantian ban pada tahapan tersebut.

Akibatnya, Tanak banyak kehilangan waktu hingga akhirnya merosot ke urutan ketujuh, tapi pereli Toyota itu berhasil memenangi enam tahapan pada Sabtu (26/1) dan Minggu (27/1) untuk memastikan berada di podium ketiga. Sementara rekan setim Tanak, Jari-Matti Latvala dan Kris Meeke, yang memenangi Power Stage pada Minggu, masing-masing finish di urutan kelima dan keenam.

Baca juga:  All New Toyota Corolla Altis Hybrid Meluncur 12/9, Anda Mau Beli?

“Mereka berbahaya, seperti yang kami katakan sebelumnya, dan kita lihat lagi di sini. Saya harap kami bisa melawannya,” ucap Neuville mengomentari performa pasukan Toyota Yaris di Monte Carlo.

“Kecepatan Tanak luar biasa dan kemudian Kris [Meeke] memenangi Power Stage. Oke, dia memang berusaha menjaga bannya sepanjang hari itu, tapi tetap saja dia lebih cepat empat detik dari pereli lain dan enam detik dari kami. Ini selisih yang besar.”

Kekhawatiran Neuville terhadap performa Toyota Yaris diamini rekan setimnya, Sebastien Loeb, yang finish di posisi keempat.

Juara dunia sembilan kali ini mengaku dirinya terkejut dengan kecepatan yang ditunjukkan Tanak, tapi ia juga menilai performa mantan rekannya di Citroen yang kini mendampingi Tanak, yaitu Meeke, saat memenangi Power Stage juga patut diwaspadai.

“Kami tahu dengan performa Tanak bersama Toyota, terutama kecepatan yang mereka tunjukkan,” ujar Loeb kepada Motorsport.com.

Meeke memenangi Power Stage dengan keunggulan 3,9 detik dan mobil-mobil Toyota adalah yang tercepat atau secara bersama-sama mengukir waktu tercepat dalam sembilan dari 16 tahapan yang digelar di Monte Carlo. [dp/TGH]