Resmi Diperkenalkan, PCX Electric Cuma Bisa Disewa

AHM resmi meluncurkan PCX bermesin listrik.

JAKARTA (DP) – Hanya butuh waktu tiga bulan sejak memulai debutnya di Indonesia Motorcycle Show lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya resmi memperkenalkan unit terbaru PCX bermesin listrik. Hadirnya PCX Electric ini kian memperpanjang keluarga skutik premium Honda yang telah dipasarkan sebelumnya, yaitu versi 150 cc dan Hybrid.

Presiden Director AHM Toshiyuki Inuma mengaku unit ini menjadi lini produk pertama Honda bermesin listrik yang mengaspal di Tanah Air. Disisi lain, kemunculan PCX Electric merupakan perwujudan roadmap AHM guna menghadirkan teknologi motor terkini sejalan dengan trennya saat ini.

“Kehadiran PCX Electric sekaligus sebagai alternatif moda transportasi dengan teknologi listrik, namun tetap menonjolkan kesan nyaman dan aman saat mengendarainya,” ujar Inuma, disela-sela peluncuran di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (31/1).

Inuma menambahkan bahwa pihaknya butuh waktu 25 tahun untuk melakukan riset dan pengembangan teknologi listrik ke dalam motor, sejak prinsipal Honda memperkenalkan motor listrik pertamanya, CUV-ES pada 1994 silam.

Baca juga:  Agustus 2019, Skutik Honda Makin Merajai Pasar Ekspor

“Riset dan pengembangan kami lakukan secara berkesinambungan dalam rangka menghadirkan produk yang punya performa setara dengan motor pembakaran internal,” papar Inuma.

Tidak seperti lini produk Honda lain dimana setelah peluncuran langsung bisa dilepas ke pasar dan dikonsumsi oleh konsumen. Untuk PCX Electric ini, AHM menerapkan skema bisnis berbeda yakni menyewakan ke kalangan terbatas.

Sasarannya adalah perusahaan-perusahaan untuk mendukung operasional bisnis di berbagai lini. Untuk menjalankannya, AHM bakal menggandeng pihak ketiga dan direncanakan mulai kuartal pertama tahun ini di beberapa kota besar di Indonesia.

“Karena produksinya masih terbatas, sebagai tahap pengenalan, kami hanya melayani penyewaan bagi perusahaan yang ingin mencobanya. Kami akan terus mempelajari dan menyesuaikan secara bertahap perkembangan motor listrik ini ke depan,” ucap Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman.

Selain itu, lanjut Loman, pihaknya secara bertahap juga akan menyiapkan berbagai unsur pendukung lainnya, mulai dari infrastruktur, layanan, sumber daya manusia dan skema bisnis tersendiri. [dp/MTH]