Rumor Toyota 86 akan Dimatikan, Ini Jawaban Toyota


LOS ANGELES (DP) – Mungkin banyak yang tak percaya dan kecewa setelah mendengar kabar Toyota 86 dan Subaru BRZ tak akan lagi diproduksi. Padahal model sport yang lahir sejak enam tahun lalu itu lumayan populer meski tak banyak mengalami ubahan.

Mengutip majalah BestCar, yang ulasannya tentang isu ini akan terbit pada 26 Februari, menyebutkan bahwa JapaneseNostalgicCar mengklaim bahwa Toyota 86/Subaru BRZ tak lagi akan mendapatkan model baru.

Menurut JapaneseNostalgicCar, Toyota 86 secara tidak langsung akan digantikan perannya di segmen mobil sport oleh Supra, yang harga dan spesifikasinya lebih tinggi.

Di pasar Jepang, Supra ditawarkan dengan mesin 2.0-liter turbocharged 4 silinder, dan tersedia dalam dua varian. Untuk varian lebih rendah, yakni SZ, memiliki tenaga 194 HP (197 PS / 145 kW) dan torsi 236 lb-ft (320 Nm). Itu artinya, tenaganya 11 hp (11 PS / 8 kW) lebih rendah tapi torsinya 80 lb-ft (Nm) lebih besar dari 86. Sedangkan varian Supra SZ-R bertenaga 254 HP (258 PS / 189 kW) dan torsi 295 lb-ft (400 Nm).

Baca juga:  Ini Bukti Keseriusan Michelin Berbisnis di Indonesia

Normalnya, mobil sport coupe berpenggerak roda belakang ini menuai banyak penilaian positif dari berbagai reviewer, karena model ini sangat nyaman dikendarai. Satu-satunya aspek yang banyak dikeluhkan dari Toyota 86 ini hanyalah soal tenaganya yang kurang garang, sementara sasisnya sangat mudah dikendalikan dibandingkan dengan mesin tipe flat-four bertenaga 200 PS.

Satu lagi yang perlu dipertanyakan terkait rumor akan dipensiunkannya Toyota 86 adalah peran dari CEO Toyota Motors Corp., Akio Toyoda, yang merupakan penyuka mobil sport dan menjanjikan akan meluncurkan lebih banyak mobil sport di bawah payung Toyota di masa mendatang setelah kelahiran Supra.

Mengacu pada fakta-fakta tadi, perlu kiranya untuk mengetahui jawaban resmi dari Toyota untuk menjawab rumor yang beredar tersebut. Nah, di sini juru bicara Toyota AS, Nancy Hubbell, memberikan jawabannya.

“Ketika Akio Toyoda mengatakan di sela peluncuran Supra 2020, Toyota berkomitmen untuk membangun kendaraan yang menarik, termasuk mobil sport. Toyota 86 telah menjadi anggota keluarga Toyota sejak 2013 dan rencananya akan terus mempertahankan model ini di jajaran model sport Toyota,” ucapnya.

Baca juga:  Toyota New Camry Karya Tuner Jepang Ini Mirip Mobil Sport

Ini terlihat kontradiktif dengan klaim majalah Jepang tersebut, dan sepertinya yang lebih patut dipercaya adalah pernyataan dari Hubbell.

Meski belum ada tanggapan resmi dari Toyota Jepang, tapi pabrikan mobil asal Jepang ini pernah mengatakan Toyota 86 akan terus berada di jajaran model Toyota. Meski tak disebutkan bahwa Toyota 86 masih akan mendapatkan versi barunya, yang bisa jadi terwujud dalam satu hingga dua tahun ke depan.

Hanya saja, apa yang diinginkan konsumen tentang Toyota 86 yang lebih bertenaga, sementara mesin yang dipasok oleh Subaru pada model ini sulit untuk dicangkokkan turbocharger, seolah akan membenarkan rumor yang beredar di masyarakat bahwa 86 dan BRZ akan segera dipensiunkan apabila Toyota tidak segera memberikan jawaban yang jelas. Sulit dipercaya jika Toyota tak menghiraukan apa yang dikeluhkan konsumennya. Untuk itu, 86 dan BRZ generasi kedua yang lebih bertenaga seharusnya sudah bisa dilahirkan.

Baca juga:  New CB150 Verza Hadirkan Bodi dan Warna Baru

Di sisi lain, Toyota bisa memilih opsi meracik ulang 86, menghilangkan hal-hal negatif dari model ini dan mengoprek mesinnya agar lebih galak, dan tentunya hal ini tetap bisa dilakukan bersama Subaru. Kecuali kolaborasi antara keduanya akan dihentikan dan Toyota lebih memilih menggandeng BMW untuk menggarap model sport berikutnya untuk menemani Supra. [dp/TGH]