Alex Rins: Racikan GSX-RR Terbaru Sudah Sesuai Keinginan Saya


JAKARTA (DP) – Alex Rins terbilang merupakan ‘produk jadi’ skuat Hamamatsu guna menjalani musim balap MotoGP 2019. Usai ditinggalkan Andrea Iannone, Rins menjadi tumpuan utama tim Suzuki Ecstar MotoGP.

Pebalap berjuluk ‘Spaniard’ didapuk untuk menjalankan peran utamanya dalam pengembangan GSX-RR 2019. Mengomentari tugas barunya, ia sama sekali tidak meras tertekan.

Lagipula, torehan lima podium sepanjang 2018 memantapkan Rins untuk merebut kemenangan bersama Suzuki pada MotoGP 2019. Selain itu, tim pun berharap keterlibatan penuh dari sang rookie, Joan Mir, bisa dibuktikan di sepanjang balapan.

“Akhirnya musim dingin pun berakhir dan aku bisa kembali menunggangi motor ini (GSX-RR 2019). Liburan musim dingin ini terasa sangat lama dan saya tidak sabar untuk kembali ke GSX-RR,” ujar Rins, seperti dilansir MotoGP, Minggu (3/2) lalu.

“Setelah tes terakhir pada bulan November (Jerez), saya memberikan umpan balik yang jelas untuk para insinyur bekerja, sejauh yang saya tahu perbaikan yang akan kami coba di Sepang tidak akan drastis tetapi banyak perbaikan kecil di berbagai bidang,” tambahnya.

Baca juga:  Lewat Bola Basket, DAM Wadahi Generasi Muda Berprestasi

Dibalik itu, dirinya tidak mempermasalahkan masuknya Mir dalam skuat tim guna menemaninya pada musim balap tahun ini. Rins yakin tim R&D di Jepang akan memberikan motor yang akan membantu dirinya dan Mir meningkatkan prestasi lebih lanjut.

“Sejak tahun lalu hanya fokus pada motor dan pengembangan GSX-RR. Tahun ini, saya tidak bisa mengandalkan pebalap berpengalaman bersama saya, tapi saya kira itu bukan masalah besar,” ucap Rins.

“Kami harus fokus pada pekerjaan dan pengembangan kami, serta mencoba membantu Suzuki untuk membuat motor yang unggul,” imbuhnya.

Hasilnya, untuk GSX-RR model 2019 ini telah dilakukan berbagai perbaikan di sektor pengereman, akselerasi dan top speed.

“Tahun lalu adalah tahun yang hebat bagi Suzuki, kami berhasil mengembangkan motor dan saya kira target tahun ini untuk mencetak kemenangan yang belum tercapai saat 2018,” paparnya.

“Target pertama tentunya menciptakan motor balap yang kompetitif. Kami harus terus mendapatkan pengalaman, tetapi saya pikir kami sekarang siap untuk mencari hadiah yang lebih besar, yaitu podium kemenangan,” pungkasnya. [dp/MTH]