Honda, Proton, Toyota Kalah dari Daihatsu dan Mazda di Malaysia


KUALA LUMPUR (DP) – Perodua (Daihatsu di Indonesia) dan Mazda adalah dua merek yang membukukan pertumbuhan penjualan tertinggi di segmen mobil penumpang di Malaysia pada 2018, mengalahkan para pemain besar seperti Honda, Proton dan Toyota.

Berdasarkan data Malaysian Automotive Association (MAA), pangsa pasar Perusahaan Otomotif Kedua Sdn Bhd (Perodua) tumbuh 2,8% menjadi 42,8% selama 2018. Sedangkan Bermaz Auto Bhd (BAuto), distributor resmi merek Mazda, membukukan kenaikan pangsa pasar 1,2% menjadi 3% dalam periode yang sama.

Dari sisi volume penjualan, Perodua mampu melego sebanyak 227.243 unit kendaraan pada 2018, naik 10,9% dari 204.887 pada 2017, sementara Mazda mencatat lonjakan penjualan sebesar 66,8% dari 9.454 unit menjadi 15.765 unit.

Model yang menjadi penyumbang besar dalam penjualan Perodua adalah New Myvi (Sirion), yang diluncurkan pada November 2017 dan momentum penjualannya terus menguat hingga 2018. Cerita yang sama terjadi pada BAuto, yang mendapat sumbangan besar dari penjualan New CX-5, yang diluncurkan pada Oktober 2017.

Baca juga:  Pebalap Indonesia Siap Rebut Podium di ATC Sepang

Mazda merangsek dua posisi dalam ranking pangsa pasar mobil penumpang di negeri jiran itu, berhasil menggusur merek-merek premium, yakni Mercedes-Benz dan BMW, yang masing-masing melorot ke posisi ketujuh dan kedelapan.

Volume penjualan Mazda CX-5 tumbuh menjadi 15.765 unit, yang terutama didongkrak oleh penerapan tax holiday selama Juni hingga Agustus 2018, dan model tersebut mencatat lompatan 66,8% dalam volume penjualan pada 2018 dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara itu, Honda Malaysia Sdn Bhd, Proton Holdings Bhd dan UMW Toyota Motor Sdn Bhd mencatat penurunan volume penjualan dan pangsa pasar pada 2018, tapi dalam ranking masih menduduki posisi masing-masing kedua, ketiga dan keempat pada 2017.

Nissan, yang berada di posisi kelima, mereguk kenaikan penjualan tahun lalu sebesar 10,3% menjadi 21.956 unit, dengan penguasaan pasar sebesar 3,9%.

“Kondisi ini masih dalam ekspektasi karena Honda, Proton dan Toyota tidak meluncurkan model baru layaknya Perodua dan Mazda,” kata analis TA Securities Holdings Bhd, Abel Goon, seperti dilansir TMR.

Honda menguasai 19,2% pangsa pasar mobil penumpang di Malaysia, mengungguli Proton yang merebut 12,1% dan Toyota dengan 8,1%. [dp/TGH]