Daihatsu Grand New Xenia Sudah Bukukan 3.000 Lebih SPK


SIBOLGA (DP) – Gebrakan Daihatsu Grand New Xenia di awal-awal peluncurannya cukup mengejutkan. Tercatat lembar pemesanan (Surat Pemesanan Kendaraan/SPK) yang berhasil dikumpulkan mampu melebihi target yang ditetapkan.

Marketing & CR Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, menyebutkan hingga 12 Februari lalu, SPK Grand New Xenia telah tercapai sebanyak 3.726 unit.

“Sejak diluncurkan pada 15 Januari lalu hingga kini telah kami bukukan jumlah SPK lebih dari target 3.000 unit,” kata Hendrayadi, di sela-sela acara test drive Grand New Xenia di Sibolga, Medan, Sumatera Utara, Selasa (12/2).

“Sungguh di luar ekspektasi, ternyata tampilan teranyar Grand New Xenia sangat diterima pasar. Kami yakin pencapaian posisi kedua pasar otomotif nasional yang diraih 10 tahun berturut-turut bisa kami pertahankan tahun ini,” klaim Hendrayadi.

Adapun komposisinya, Grand New Xenia bermesin 1.3L masih menjadi penyumbang terbesar, terutama dari varian 1.3 R, yaitu 63%, diikuti model 1.3 X sebesar 28%.

Baca juga:  Begini Cara Pertamina Dukung Ajang Asian Games 2018

“Untuk mesin 1.5 tetap ada peminatnya, meski persentasenya tidak besar, yakni hanya 9%, dengan rincian tipe transmisi manual 65% dan otomatis 35%,” jelas Hendrayadi.

Saat peluncuran, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra menyebutkan bahwa varian baru Xenia 1.5 ditargetkan cuma mewakili 10% dari target secara keseluruhan. Artinya, varian bermesin 1.500 cc ini bakal didorong hingga laku 300 unit setiap bulannya.

“Kenapa kecil? Karena kami lihat permintaan untuk 1.5 stepping, tidak besar. Kalau pada nantinya permintaan lebih tinggi pasti akan kami ikuti. Sekarang ini prediksi 10%,” ucap Amelia. [dp/MTH]