Toyota Hiace Anyar Punya Hidung Lebih Mancung


MANILA (DP) – Di jagad maya pekan lalu diwarnai oleh kemunculan sebuah kendaraan van berlogo Toyota sedang diangkut truk. Seketika itu bermunculan prediksi bahwa van itu adalah sosok Toyota Hiace generasi terbaru.

Nah, pekan ini foto-foto van berlogo Toyota itu kembali beredar. Dan benar seperti dugaan banyak kalangan bahwa van tersebut adalah Hiace teranyar. Hal itu terlihat dari nama yang terpampang pada plat nomor depan dan belakang.

Lahir sebagai generasi baru, Hiace model 2020 ini mengalami perubahan total dari model yang kini beredar, terutama bagian bonnet (moncong) yang kini lebih mancung ketimbang model lama. Dari situ terlihat bahwa Hiace model 2020 menggunakan mesin depan, berbeda dengan model lawas yang menempatkan mesin di bawah jok pengemudi dan penumpang depan.

Untuk Hiace yang tampak dalam foto-foto terbaru ini sepertinya adalah varian standar, yang tergambar dari bumper berkelir hitam dan tanpa dilengkapi lampu kabut. Tak cuma untuk eksterior, bagian kabin Hiace 2020 juga terkuak dari foto-foto terbaru ini.

Baca juga:  'Jangan Paksa' Sigra Lawas Mirip New Daihatsu Sigra

Dilihat dari foto interior, Hiace 2020 mengadopsi layout tempat duduk berkapasitas 13 penumpang. Dibandingkan dengan tempat duduk pada Hiace lawas, untuk versi terbaru ini jauh lebih baik, karena tak lagi model bangku panjang untuk depan dan belakang. Bagusnya lagi, masing-masing tempat duduk dibekali dengan seat belt dan headrest. Layout tempat duduk terbaru adalah 2-2-3-3-3, dengan tempat duduk depan tak lagi panjang seperti bangku pada pickup, tapi sudah terpisah menjadi dua.

Untuk desain dashboard, Hiace 2020 masih mempertahankan floating design dan lubang ventilasi AC berbentuk persegi panjang. Semua tombol instrumen masih ditempatkan di tengah.

Dari sisi dimensi, new Hiace jauh lebih panjang dari model sekarang. Secara spesifik, Hiace anyar memiliki panjang 4.790mm dan wheelbase 2.985mm, dibandingkan dengan Hiace lama yang panjangnya hanya 4.695mm dan wheelbase 2.570mm.

Namun demikian, meski lebih panjang, ruang kabin Hiace generasi baru justru lebih pendek, dari sebelumnya 3.000mm menjadi hanya 2.380mm. Kondisi itu sebagai dampak dari penempatan mesin di depan. Untuk tinggi, Hiace model baru juga lebih rendah, yakni 1.965mm, dibandingkan model sekarang yang tingginya 1.980mm.

Baca juga:  Kemeriahan Festival Avanza-Veloz Sebangsa di Kota Bumi Sriwijaya

Jika melihat bagian interior pada foto-foto tersebut, Hiace generasi terbaru ini dialokasikan untuk negara yang mengadopsi setir kiri, yang kemungkinan besar untuk pasar Filipina, di mana van Toyota ini menjadi kendaraan transportasi terpopuler. Sekarang kita berharap Hiace 2020 juga segera didatangkan ke Tanah Air seiring dengan semakin kondangnya model ini di kalangan pelaku bisnis tranportasi di Indonesia. [dp/TGH]