Yayasan Wahana Artha Berikan Ilmu Teknik dan Bangun Bengkel


JAKARTA (DP) – Didasari atas dampak negatif dari peleburan aki sepeda motor, Yayasan Wahana Artha (YWA) memberikan pelatihan seputar pengelolaan limbah komponen motor ini kepada masyarakat Desa Cinangka Kecamatan Ciampea, Bogor, Jawa Barat, Selasa (12/2) lalu.

Langkah ini dilakuan karena dampak yang cukup serius bagi kesehatan. Karena itulah YWA akhirnya memutuskan untuk memperbaiki keadaan dengan melakukan pemberdayaan masyarakat sekitar dengan kemampuan yang bermanfaat lainnya, seperti perawatan dan perbaikan sepeda motor.

Dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/2), Ketua Umum YWA, Ronnal Prawira mengatakan bahwa kondisi warga yang telah puluhan tahun hidup berdampingan dengan pencemaran peleburan aki dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan.

“Yayasan melihat perlu adanya peralihan sumber pendapatan lain dengan memberikan beragam kemampuan salah satunya teknik dan manajemen bengkel sepeda motor,” jelasnya.

Untuk memberikan hasil maksimal, yayasan juga akan segera membangun bengkel umum sepeda motor guna dijadikan salah satu sumber penghasilan dan meningkatkan kemampuan masyarakat sekitar.

Baca juga:  Siswa SMK ini Wakili Wahana di AHMBS 2019 Nasional

Pelatihan teknik yang akan berjalan selama dua minggu sejak 12 hingga 26 Februari ini, akan diikuti sebanyak 50 orang warga Cinangka. Berbagai materi tentang perawatan dan perbaikan sepeda motor akan diberikan oleh para instruktur terlatih.

Selain membangun bengkel motor, Wahana Artha juga akan memberikan peralatan perbengkelan. Selanjutnya, setelah fasilitas bengkel dan pengetahuan teknik tercukupi, kedepannya masyarakat sekitar dapat menjadi sekaligus mengembangkan bantuan yang telah diberikan.

“Peserta yang mengikuti pelatihan ini, tidak hanya akan mengembangkan bengkel yang akan dibangun. Dengan seleksi, diakhir pelatihan yayasan akan menawarkan kesempatan bekerja di bengkel resmi motor Honda di wilayah Jakarta Tangerang, “ tutup Ronnal. [dp/MTH]